PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA KONSEP SUMBER DAYA ALAM DAN KEGIATAN EKONOMI MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORAY (PTK di Kelas IV SDIT Citra Nuansa Mekarsari Kec.Cileungsi Kab.Bogor)

Syifa, Fakhriyah (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA KONSEP SUMBER DAYA ALAM DAN KEGIATAN EKONOMI MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORAY (PTK di Kelas IV SDIT Citra Nuansa Mekarsari Kec.Cileungsi Kab.Bogor). Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa terhadap pelajaran IPS, karena belum mencapai KKM. Untuk itu, diperlukan strategi pembelajaran yang berguna membantu siswa lebih bertanggung jawab atas belajar mereka sendiri yaitu dengan menggunakan model Course Review Horay. Penelitian ini adalah “Penelitian Tindakan Kelas”. Penelitian ini terdiri dari beberapa tindakan siklus yaitu pra siklus, siklus I, siklus II dan siklus III. Dalam hasil belajar siswa dapat dinyatakan bahwa penerapan model Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada konsep sumber daya alam dan kegiatan ekonomi di kelas IV SDIT. Hasil tes belajar pra siklus dari 39,28 terjadi peningkatan pada siklus-siklus berikutnya yaitu dari 49,64 pada siklus I, 66,42 pada siklus II dan pada siklus III menjadi 80,34. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan penulis yang berkolaborasi dengan guru mitra ternyata sudah ada peningkatan. Selain itu siswa merasa pembelajaran IPS menjadi lebih kreatif dan menantang. Karena pembelajaran tersebut ditekankan adanya hubungan kerjasama antar kelompok yang terstruktur.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education / Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Yahya Yahya
Date Deposited: 19 Apr 2021 04:00
Last Modified: 19 Apr 2021 04:00
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4557

Actions (login required)

View Item View Item