PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENINGKATKAN MARKET SHARE BANK SYARIAH (Studi Empiris di Bank Syariah Mandiri)
Faiz, Al Makki (2019) PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENINGKATKAN MARKET SHARE BANK SYARIAH (Studi Empiris di Bank Syariah Mandiri). Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Diera disrupsi digital, perbankan syariah dituntut untuk tetap eksis dan terus meningkatkan performanya didunia Teknologi Informasi (TI). Sektor konsumen yang selama ini dipandang sebagai benteng stabilitas perbankan syariah mendominasi kalangan milenial yang paham dan menggunakan Teknologi Informasi (TI) secara massive. Salah satu kendala terbesar Bank Syariah untuk maju dan meningkatkan market sharenya adalah pemanfaatan Teknologi Informasi yang terbilang pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan dan masalah Teknologi Informasi (TI) Bank Syariah Mandiri dalam pemanfaatannya meningkatkan market share. Metode dalam Penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Jenis metode penelitian deskriptif yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dalam bentuk teks yang kemudian dituangkan dan dipaparkan dalam bentuk deskriptif atau narasi. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Divisi Marketing Layanan dan Produk Bank Syariah Mandiri dan beberapa nasabah serta masyarakat umum untuk mendapatkan informasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Bank Syariah Mandiri mengalami kelambatan dalam mengembangkan Teknologi Informasi Diera disrupsi digital. Sebabnya karena kendala modal yang sangat besar dan regulasi peraturan Dewan Syariah Nasional. Dan Bank Syariah Mandiri dari segi pemasaran produk via digital, sangat jauh tertinggal dari kompetitor-kompetitornya. Pemasaran via digital dilakukan sangat passive dan lemah. Media sosial dan internet tidak dimanfaatkan dengan maksimal. Perlu adanya perbaruan dalam strategi marketing, penambahan modal dan kerjasama OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dengan DSN dalam menyelesaikan problematika yang ada.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Sharia Banking Management / Manajemen Perbankan Syariah |
Depositing User: | Tia Mutiawati |
Date Deposited: | 06 Apr 2021 07:51 |
Last Modified: | 08 Mar 2023 07:27 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4534 |
Actions (login required)
View Item |