Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar PAI pada Siswa SMP Al Wildan Islamic School Bekasi Jawa Barat

Tita, Salsabila (2020) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar PAI pada Siswa SMP Al Wildan Islamic School Bekasi Jawa Barat. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI TITA SALSABILA 2016510108.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Salah satu kendala yang dihadapi siswa dalam mempelajari pendidikan agama islam khususnya materi Qur,an Hadits adalah belum digunakannya metode yang tepat. Terdapat banyak metode yang dapat digunakan pendidik agar para siswa mampu memahami pelajaran pendidikan agama islam dengan baik. Salah satu metode yang dapat digunakan yaitu Student Teams Achievement Divisions (STAD). Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar PAI siswa di SMP Islam Al Wildan Bekasi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif dengan metode eksperimen dan menggunakan Postest Only Group The Design. Populasi target penelitian adalah seluruh siswa SMP Islam Al Wildan Bekasi yang berjumlah 120 siswa. Populasi terjangkau/kerangka sampel sejumlah 40 dari seluruh kelas VII yang terdiri atas dua rombongan belajar. Sampel penelitian berjumlah 40 siswa dari dua rombongan belajar dari kelas VII A dan VII B. Teknik pengumpulan data menggunakan tes sebagai instrumen utama. Teknik analisis data menggunakan t- test, yaitu membandingkan rata-rata dua kelompok. Hasil penelitian menunjukan bahwa r hitung = 0,755 dengan interpretasi tinggi, sedangkan besarnya pengaruh antara kedua variable tersebut sebesar 0,539 artinya metode STAD memberikan kontribusi terhadap Hasil Belajar PAI sebesar 53,9 %, sisanya 46,1 % ditentukan oleh faktor lain, pengaruhnya signifikan karena t hitung (2,15) lebih besar dari ttabel (1,68) pada  = 0,05. Dengan kata lain semakin diterapkan metode STAD semakin tinggi Hasil Belajar PAI. Dengan demikian secara statistik terjadi peningkatan yang signifikan pada Hasil Belajar PAI pada kelas eksperimen. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode STAD dapat meningkatkan Hasil Belajar PAI siswa di SMP Al Wildan Islamic School Bekasi

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Student Teams Achievement Divisions (STAD), Hasil Belajar PAI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 06 Apr 2021 07:50
Last Modified: 06 Apr 2021 07:50
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4531

Actions (login required)

View Item View Item