Pengaruh Strategi Pembelajaran PAI terhadap Pembentukan Akhlak Siswa di Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 56 Jakarta

Moh. Erfan, Maulana (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran PAI terhadap Pembentukan Akhlak Siswa di Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 56 Jakarta. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
ok.pdf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini pertama-tama bertujuan untuk mengetahui Pengaruh strategi pembelajaran PAI Terhadap Pembentukan Akhlak siswa di Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 56 Jakarta. Hipotesis yang diuji adalah : Terdapat Pengaruh strategi pembelajaran PAI Terhadap Pembentukan Akhlak siswa di Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 56 Jakarta. Metode penelitian survei. Sampel berjumlah 35 orang siswa yang diperoleh melalui acak dari populasi siswa yang berjumlah 320 orang di Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 56 Jakarta. Data dikumpulkan dengan angket dan dianalisis dengan teknik mediasi menggunakan regresi ganda. Kesimpulan : 1) Nilai koefisien korelasi (R) variabel strategi pembelajaran PAI (X) sebesar 0.708, hal ini menunjukkan bahwa koefisien korelasi variabel strategi pembelajaran PAI mempunyai tingkat hubungan yang kuat, karena berada pada interval koefisien 0.60 – 0.799. Dengan demikian bahwa variabel bebas Strategi Pembelajaran PAI menunjukkan hubungan atau korelasi yang kuat dan searah dengan variabel terikat Pembentukan Akhlak Siswa. dengan Nilai koefisien determinasi atau R Square sebesar 0.534. Hal ini menunjukkan 53,4 % variabel Pembentukan Akhlak Siswa (Y) ditentukan oleh faktor variabel Strategi Pembelajaran PAI (X), sedangkan sisanya 46,6 % ditentukan faktor-faktor lain. 2) Dari hasil perhitungan diperoleh nilai t hitung = 5.849 > t tabel 1,688, maka Ho ditolak dan Hi diterima. Dari hasil perhitungan dalam tabel anova diperoleh F hitung sebesar 34,213708, Sedangkan harga kritis nilai F tabel dengan derajat bebas pembilang 1 dan penyebut 36 pada  (0,05) sebesar 4,11. Dengan demikian F hitung > F tabel , sehingga jelas Ho ditolak dan H a diterima.Atau dengan kata lain bahwa terdapat Pengaruh yang sangat signifikan antara Strategi Pembelajaran PAI dengan Pembentukan Akhlak Siswa di Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 56 Jakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Akhlak, Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 06 Apr 2021 07:50
Last Modified: 06 Apr 2021 07:50
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4528

Actions (login required)

View Item View Item