Adab Peserta Didik kepada Guru (Studi Perbandingan Pemikiran Al-Ghazali dan HAMKA)

Aisyah, Amini (2020) Adab Peserta Didik kepada Guru (Studi Perbandingan Pemikiran Al-Ghazali dan HAMKA). Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI AISYAH.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk membandingkan adab peserta didik kepada guru dalam perspektif Al-Ghazali dan HAMKA. Adab berperan penting dalam kehidupan manusia, terutama dalam dunia pendidikan. Karena saat ini banyak manusia yang melupakan adab, khususnya adab terhadap guru. Dalam kitab Ihya ‘Ulumuddin jilid I karya Imam Al-Ghazali dan buku Lembaga Hidup karya Prof. Dr. HAMKA, masing-masing memiliki perspektif yang berbeda. Dengan perspektif keduanya, maka diperlukan adanya sosialisasi yang lebih mendalam. Penelitian ini dapat dikategorikan kedalam jenis penelitian kepustakaan atau Library Research. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam hal ini penulis mengadakan pengumpulan buku, artikel, data internet, e-book, maupun jurnal yang memiliki relevansi dengan pokok kajian penulis. Hasil penelitian ini menyangkut studi perbandingan pemikiran Al-Ghazali dan HAMKA yang menekankan pada adab peserta didik kepada guru. Dengan ini dapat memberikan pemahaman yang lebih tentang adab peserta didik kepada guru sesuai dengan perspektif tokoh pendidikan

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Adab, Al-Ghazali, Hamka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 06 Apr 2021 07:49
Last Modified: 06 Apr 2021 07:49
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4525

Actions (login required)

View Item View Item