Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak Tunanetra (Studi Deskriptif pada Siswa Tunanetra di Sekolah Luar Biasa Pembina Tingkat Nasional Lebak Bulus Pertanian Jakarta Selatan.)
Riladzyania, Rachmanisa (2020) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak Tunanetra (Studi Deskriptif pada Siswa Tunanetra di Sekolah Luar Biasa Pembina Tingkat Nasional Lebak Bulus Pertanian Jakarta Selatan.). Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
Skripsi Lengkap Rila.pdf - Published Version Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual anak tunanetra di Sekolah Luar Biasa Pembina Tingkat Nasional Lebak Bulus Pertanian Jakarta Selatan Proponsi DKI Jakarta Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual anak tunnanetra di Sekolah Luar Biasa Pembina Tingkat Nasional Lebak Bulus Pertanian Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, pengamatan langsung, dan dokumenter. Setelah data didapatkan kemudian di olah dengan beberapa tekhnik yaitu editing, dan interprestasi data. Selanjutnya semua data dianalisa menggunakan tekhnik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kecerddasan spiritual anak tunanetra di Sekolah Luar Biasa Pembina Tingkat Nasional Lebak Bulus Pertanian Jakarta Selatan yaitu : (1) tilawah, pembiasaan pagi sebelum memasuki jam pelajaran untuk melancarkan bacaan Al-Qur‟an braile, (2) tahsinul dan Iqro‟ul Qur‟an, ekstrakulikuler yang mempelajari baca dan tulis Al-Qur‟an, (3) bimbingan Islam, dalam kegiatan ini guru pendidikan Islam memberikan ceramah, diikuti dengan tanya jawab oleh peserta didik tunanetra. diawali dengan sholat dhuha bersama. Adapun faktor pendukungnya adalah dukungan dari orangtua, sekolah dan kepala ssekolah serta mata pelajaran Orientasi Mobilitas. Dan faktor peghambatnya adalah konsentrasi terganggu pada peserta didik MDVI, tidak memiliki lab khusus untuk PAI dan kesulitasn mencari Al-Qur‟an Braile.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya, Guru Pendidikan Agama Islam, Meninngkatkan, Kecerdasan Spiritual,Tunanetra. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 06 Apr 2021 07:49 |
Last Modified: | 06 Apr 2021 07:49 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4519 |
Actions (login required)
View Item |