Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Sikap disiplin Anak Asuh Di Panti Asuhan Marhamah Robbani Bekasi Selatan

Emma, Malini (2020) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Sikap disiplin Anak Asuh Di Panti Asuhan Marhamah Robbani Bekasi Selatan. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI EMMA MALINI.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Motivasi sesuatu yang harus dimiliki oleh seseorang untuk mencapai suatu tujuan tertentu, Anak asuh tidak memiliki motivasi, baik itu motivasi dalam menghafal al,quran dengan giat dan sungguh,maupun motivasi belajar dan motivasi yang lainnya. Anak asuh kurang inisiatif dan kurang peka terhadap sesuatu yang ada sekitar nya dan juga lingkungan tempat nya belajar di yayasan Panti Asuhan Marhamah Robbani. Penelitian ini Kuantitatif Korelasional Asosionasi dengan Metode Observasi dan Penyebaran Angket Kepada Anak Asuh Panti Asuhan Marhamah Robbani di Bekasi Selatan, sebanyak 60 0rang terdiri dari 20 anak SD, 20 anak SMP,dan 20 SMA. Sampel penelitian berupa pertanyaan sebanyak 15 soal. Berdasarkan temuan penelitian serta pembahasan yang dikemukakan sebelumnya diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Pertama, terdapat pengaruh Motivas Belajar terhadap Sikap Disiplin Anak Asuh yang dapat dilihat berdasarkan nilai r hitung = 0,643 dengan interpretasi kuat, sedangkan besarnya pengaruh antara kedua variabel tersebut sebesar 0,413 artinya Motivasi Belajar memberikan kontribusi terhadap Sikap Anak Asuh sebesar 41,3%, sisanya 58,7% ditentukan oleh faktor lain, pengaruhnya signifikan karena t hitung = 6,394 lebih besar daripada t tabel sebesar 1,670 pada taraf kesalahan sebesar 5%. Dengan kata lain semakin tinggi Motivasi Belajar semakin tinggi Sikap Anak Asuh. Kedua, terdapat pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Sikap Anak Asuh yang signifikan yang dapat dilihat berdasarkan nilai F h sebesar 40,88 lebih besar dari F t sebesar 7,68. Pola hubungannya linear dapat dibuktikan melalui F h sebesar 1,78 lebih kecil dari F t sebesar 1,82. Persamaan regresi Y = 26,07 + 0,56X menunjukkan bahwa apabila Motivasi Belajar dan Sikap Anak Asuh diukur dengan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, maka setiap kenaikan satu unit skor Motivasi Belajar (X) akan diikuti oleh kenaikan skor Sikap Disiplin Anak Asuh sebesar 0,56 dengan konstanta 26,07.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 06 Apr 2021 07:49
Last Modified: 06 Apr 2021 07:49
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4513

Actions (login required)

View Item View Item