Strategi Pimpinan Pondok Pesantren YASFI dalam Meningkatkan Keberagamaan Masyarakat di Kampung Sawah

Sandi, Sandi (2020) Strategi Pimpinan Pondok Pesantren YASFI dalam Meningkatkan Keberagamaan Masyarakat di Kampung Sawah. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Kendala yang dihadapi oleh pimpinan pondok pesantren sejauh ini tidak terlalu menyulitkan hanya secara umum dari sudut pandang manusiawi yaitu lemahnya ghiroh untuk berjamaah, secara khusus fanatisme dengan kelompok masing-masing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk mengungkap gejala secara holistik-kontekstual (secara menyeluruh dan sesuai dengan konteks/apa adanya) melalui pengumpulan data dari latar alami sebagai sumber langsung dengan instrumen kunci penelitian itu sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui beberapa tahap yaitu : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Strategi dalam bidang pendidikan Yasfi dengan pendekatan tauhid menguatkan pondasi aqidah, memberikan beasiswa untuk kaum dhuafa, membuat pemetaan analisa berbasis data, menjadikan ekstrakurikuler sebagai alat dakwah. Dan hasil dari penelitian merujuk bahwa dengan strategi dari pimpinan pondok pesantren masyarakat semakin memahami, menyadari, dan mau melakukan tentang nilai-nilai kebenaran dari agama Islam, memiliki pandangan ukhrowiyah, memberikan action untuk membangun umat melalui kegiatan ke-Islaman, menyelamatkan generasi penerus sesuai dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah, dan berfastabiqul khoirot

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pimpinan, Keberagamaan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 06 Apr 2021 07:49
Last Modified: 06 Apr 2021 07:49
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4512

Actions (login required)

View Item View Item