Konsep Pendidikan Islam Menurut KH. R. Zainuddin Fanannie

Syalia, Nandini (2020) Konsep Pendidikan Islam Menurut KH. R. Zainuddin Fanannie. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah, meningkatkan mutu pendidik khususnya guru pendidikan Agama Islam dalam menyampaikan ajaran Islam menurut KH. R. Zainuddin Fanannie, sehingga dapat menciptakan peserta didik yang berakhlakul karimah serta berwawasan luas. Menyadarkan masyarakat akan pentingnya pendidikan agama Islam. Pendekatan dan Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis (library research) penelitian perpustakaan yang dimaksud ini adalah menelaah, mengkaji dan mempelajari berbagai literatur berupa buku Pedoman pendidikan Islam beserta buku-buku lainnya. Teknik pengambilan data dengan cara menemukan buku primer Pedoman Pendidikan Modern lalu peneliti membuat daftar pertanyaan. Analisis data yang dilakukan menggunakan metode ualitative Content Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa KH. R. Zainuddin Fanannie mengemukakan tentang konsep pendidikan Islam yaitu Pendidikan adalah menciptakan kemajuan di tengah persaingan antarbangsa dalam menata kehidupan dunia. Tujuan pendidikan Islam dimaksudkan untuk menunjukkan jalan kebaikan bagi siswa dan didasarkan pada kebaikan-kebaikan yang telah ditentukan oleh Pengatur Alam (Tuhan) supaya yang kita didik menjadi rang yang sangat sopan atau menjadi bangsa yang mulia serta tinggi derajatnya. Pendidikan jasmani adalah pendidikan tentang cara menjaga kesehatan badan agar badan kuat mengerjakan semua kewajiban. Sedangkan, pendidikan rohani mengajarkan tentang cara mendidik akal dan budi pekerti (moral). Sebagai pendidik wajib hukumnya untuk mengetahui metode dan cara mendidik yang benar. Memilih metode yang tepat dan benar. Dalam pendidikan terdapat 3 lingkungan pendidikan yaitu pendidikan rumah, pendidikan sekolah, dan pendidikan sosial

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 06 Apr 2021 07:48
Last Modified: 06 Apr 2021 07:48
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4509

Actions (login required)

View Item View Item