Upaya Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an pada Siswa MAN 4 Jakarta

Hana, Maharani (2020) Upaya Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an pada Siswa MAN 4 Jakarta. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Program tahfidz merupakan mata pelajaran mulok yang wajib diikuti oleh semua peserta didik di MAN 4. Target pencapaian yang ditetapkan oleh kurikulum DKI adalah juz 28. Dalam mencapai target yang telah ditetapkan sering kali ditemui kendala-kendala, dari aspek kelembagaan, kerjasama orangtua dengan lembagaan, dan aspek dari dalam diri anak. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Program/perencanaan kurikulum tahfidz Al-Qur’an; (2) Implementasi program tahfidz; (3) Kemampuan menghafal Al-Qur’an yang diperoleh siswa; (4) Evaluasi program tahfidz Al-Qur’an dan (5) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode untuk studi kasus, pengumpulan data berupa observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data di analisis menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman (1994) dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, menampilkan data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan trianggulasi terhadap waktu, sumber data dan metode pengumpulan data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Program/perencanaan kurikulum tahfidz Al-Qur’an adalah diadakannya kegiatan pagi pembinaan TTD dan ekstrakurikuler tahfidz. (2) Implementasi program tahfidz dilaksanakan setiap hari senin sampai jum’at, dilaksanakan sebelum masuk jam pertama belajar dikelas, pukul 06.30 sampai 06.45 yang dipandu oleh wali kelas masing-masing dan koordinator tahfidz. Pelaksanaan program tahfidz dikelas dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah dibuat, setiap kelas mendapat 1 jam dalam seminggu pembelajaran tahfidz, yang diajarkan oleh guru tahfidz tersendiri. (3) Kemampuan menghafal siswa belum mencapai target yang telah ditetapkan dengan waktu yang singkat. (4) Evaluasi program tahfidz Al-Qur’an adalah untuk mengukur target pencapaian menghafal. Evaluasi program adalah dengan mengambil nilai saat ujian tengah semester ataupun akhir semester. (5) Faktor pendukung program tahfidz adalah: sarana dan prasarana penunjang yang tersedia sesuai dengan kebutuhan, dukungan orangtua terhadap proses pelaksanaan program tahfidz, dan guru yang kompeten. Sedangkan faktor penghambat adalah terlalu banyak kegiatan sehingga membuat anak cepat lelah dalam membagi waktu untuk menghafal, kurangnya minat anak dan motivasi dalam menghafal, kegiatan guru diluar sekolah yang bentrok dengan kegiatan pembinaan dan waktu yang singkat

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 31 Mar 2021 04:51
Last Modified: 31 Mar 2021 04:51
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4475

Actions (login required)

View Item View Item