Peran Guru Dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPA Pondok Qur’an Kelurahan Pondok Benda, Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan
Farisa, Istiqomah (2020) Peran Guru Dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPA Pondok Qur’an Kelurahan Pondok Benda, Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
SKRIPSI.pdf Download (3MB) |
Abstract
anak-anak dalam pembelajaran Al-Qur’an. Banak anak-anak yang lebih gemar bermain handphone daripada mempelajari Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPA pondok Qur’an kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan, faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran, serta sistem pembelajaran TPA Pondok Qur’an tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif berupa penelitian lapangan. Adapun pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek yang diteliti adalah kepala sekolah, guru walikelas, santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : strategi pembelajaran TPA Pondok Qur’an adalah sholat berjama’ah dan dzikir petang, menghafal Qur’an, muroja’ah, materi penunjang, pemberian reward, kegiatan jum’at ceria dan jum’at berbagi. Faktor pendukung adalah guru-guru yang saling membantu satusama lain faktor penghambat dalam proses pembelajaran adalah anak-anak yang sulit diatur. peran guru di TPA Pondok Qur’an kecamatan Pamulang adalah guru sebagai pembimbing, guru sebagai motivator, guru sebagai penanggung jawab prestasi santri
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 30 Mar 2021 00:44 |
Last Modified: | 30 Mar 2021 00:44 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4435 |
Actions (login required)
View Item |