Efektivitas Penggunaan Edpuzzle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Masa Pandemi Covid-19
Sundi, Venni Herli and Astari, Tiara and Rosiyanti, Hastri and Ramadhani, Adila (2020) Efektivitas Penggunaan Edpuzzle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. pp. 274-282. ISSN 2714-6286
Text
- Published Version
Download (20kB) |
Abstract
Covid-19 merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit ini dapat dengan mudah tertular pada sesama manusia. Oleh karena itu, dengan adanya Covid-19, pemerintah menegakkan aturan berupa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) guna mencegah penyebaran virus Covid-19 di Indonesia. PSBB membuat banyak kegiatan yang berada di luar ruangan dihentikan sementara, salah satunya yaitu kegiatan sekolah, sehingga anak-anak belajar di rumah secara daring (dalam jaringan). Pembelajaran daring membuat anak kesulitan dalam memahami pelajaran, serta cepat menimbulkan kebosanan pada saat belajar. Pengabdian ini bertujuan untuk mengefektifkan penggunaan Edpuzzle dan WhatsApp selama masa pandemi, dan membantu anak-anak meningkatkan motivasi sehingga anak mampu memahami pelajaran yang ada. Melalui Edpuzzle dan WhatsApp, anak bisa mendapat ilmu serta pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dalam waktu kurang dari 2 bulan. Terdapat 6 video yang tersedia di Edpuzzle dan diskusi melalui WhatsApp. Pengabdian ini mampu membantu masyarakat menambah ilmu pengetahuan, wawasan, dan motivasi belajar di masa pandemi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Law Faculty of Law > S1 Law / Ilmu Hukum |
Depositing User: | Tiara Astari |
Date Deposited: | 01 Mar 2021 00:42 |
Last Modified: | 01 Mar 2021 00:42 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/3506 |
Actions (login required)
View Item |