Pengembangan Media Bermain untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Awal Anak Usia 4-5 Tahun
Astari, Tiara and Hilda, Hilda (2020) Pengembangan Media Bermain untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Awal Anak Usia 4-5 Tahun. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (SESI PAUD) #1 2020.
Text
Prosiding-Pengembangan Media Bermain untuk Meningkatkan Kemampan Berhitung Awal Anak Usia 4-5 Tahun.pdf - Published Version Download (5MB) |
Abstract
Kondisi pandemi menyebabkan anak harus melakukan beragam aktivitas bermain sambil belajarnya di rumah. Hal ini menyebabkan banyak orangtua yang mengalami kendala dalam hal mendampingi anak bermain di rumah, terutama saat harus mendampingi sambil belajar. Berdasarkan hasil pengamatan pra penelitian, karena kemampuan berhitung awal anak yang ditemukan pada proses pembelajaran anak usia 4-5 tahun cenderung belum berkembang, temuan pra penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada anak selalu menggunakan lembar kerja yang bersifat kurang menyenangkan serta kecenderungan munculnya rasa bosan pada anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung awal anak usia 4-5 tahun melalui media bermain yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan dengan subyek 5 orang anak berusia 4-5 tahun. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Skor yang harus diraih anak yaitu 4 dari 7 indikator, berdasarkan itu hasil penelitian dan observasi pada pra siklus rata-rata presentasi 39%disebabkan karena kurangnya media belajar dan kreativitas guru dalam hal belajar mengajar. Kemudian pada siklus pertama dilakukan tindakan anak dengan menggunakan media bermain yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan berhitung awal anak, sehingga presentasenya meningkat 14% menjadi 53% dan pada siklus kedua tindakan pada anak meningkat yang sangat signifikan 31% menjadi 84% dalam penelitian ini kemampuan berhitung permulaan anak usia 4-5 tahun dengan menggunakan media bermain ini dapat berkembang, sehingga presentase yang diharapkan yaitu 75%. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media bermain ini dapat mengembangkan kemampuan berhitung awal anak usia 4-5 tahun.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Educational Sciences / Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Early Childhood Education / Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) |
Depositing User: | Tiara Astari |
Date Deposited: | 01 Mar 2021 00:41 |
Last Modified: | 01 Mar 2021 00:41 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/3499 |
Actions (login required)
View Item |