Media Vocer untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Usia 8-9 Tahun
Astari, Tiara and Zamzam, Rohimi and Lestari, Ela Sari (2020) Media Vocer untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Usia 8-9 Tahun. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. pp. 190-204. ISSN 2745-6080
Text
- Published Version
Download (22kB) |
Abstract
Urgensi kebutuhan penggunaan media belajar elektronik seketika menjadi perhatian penting dalam proses pembelajaran selama periode pandemi covid-19. Kondisi ini menuntut para pendidik untuk berpikir lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan beragam sumber dan media belajar yang efektif bagi anak. Berdasarkan kebutuhan ini, peneliti mengembangkan media yang mudah untuk digunakan oleh anak dari rumah. Penggunaan media VOCER (Voice Note Cerita) ini bertujuan untuk untuk mengembangkan kognitif bahasa anak usia 8 sampai 9 tahun, khususnya pada kemampuan bercerita. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 32 orang yang terdiri dari 13 orang perempuan dan 19 laki-laki. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Proses tindakan dan pengumpulan data menggunakan aplikasi Whatsaap yang dapat diakses melalui smartphone, android dan laptop . Hasil tindakan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dalam hal membaca lantang, intonasi yang jelas dan susunan kalimat yang cukup baik. Kemampuan mendengarkan volume suara, intonasi, ketepatan susunan kalimat merupakan indikator penting dalam membantu kemampuan bercerita, berbahasa di sekolah maupun kehidupan sehari-hari. Adapun kelebihan dari media ini yaitu memudahkan siswa dalam bercerita dimasa Pandemi COVID-19, dengan bebas peserta didik dapat mengeluarkan emosional dari cerita yang ditentukan maupun memilih cerita. Disamping itu media ini juga memiliki kelemahan yaitu: jika dilakukan secara terus menerus, peserta didik mungkin merasa bosan dengan bercerita. Saran perbaikan untuk pengembangan selanjutnya yaitu: praktikkan memotifikasi media VOCER ini menjadi media yang tidak hanya bercerita saja, namun dapat menanyakan profesi yang diinginkan peserta didik dan memintanya bercerita semua hal tentang profesi tersebut
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Educational Sciences / Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Early Childhood Education / Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) |
Depositing User: | Tiara Astari |
Date Deposited: | 01 Mar 2021 00:41 |
Last Modified: | 01 Mar 2021 00:41 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/3498 |
Actions (login required)
View Item |