PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR (SD)

Hayun, Muhammad and Duri, Aulia Bella (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR (SD). Holistika, 3 (2). pp. 127-130. ISSN 2579 – 6151

[img] Text
Jurnal Holistika PGSD.pdf - Published Version

Download (452kB)
Official URL: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika yang masih rendah, sehingga penulis tertarik untuk meneliti apa penyebab rendahnya hasil belajar matematika tersebut dan mengajukan solusi dengan menerapkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV materi pengukuran sudut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimental dengan jumlah sampel sebanyak 38 siswa (19 siswa kelas eksperimen dan 19 siswa kelas kontrol) dengan desain nonequivalent control group design. Hasil penelitian dapat terlihat dari hasil perhitungan dengan uji t independen dan diperoleh thitung sebesar 3.798 yang berarti lebih besar dari ttabel 2.035, dengan taraf sig. 0,001 < 0,05. Hasil uji t tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa di kelas eksperimen dan di kelas control, dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDI Darul Falah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat kepada pihak-pihak terkait yang dapat memanfaatkannya seperti kepala sekolah, guru, siswa, serta peneliti selanjutnya. Kata Kunci: Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR), Hasil Belajar Matematika. Sekolah Dasar (SD)

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Educational Sciences / Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Primary School Teacher Education / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Muhammad Hayun
Date Deposited: 01 Mar 2021 00:39
Last Modified: 01 Mar 2021 00:39
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/3467

Actions (login required)

View Item View Item