PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN BANTUAN MEDIA EVALUASI THATQUIZ

Widiyasari, Ririn and Astriyani, Arlin (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN BANTUAN MEDIA EVALUASI THATQUIZ. Fibonacci Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6 (2). pp. 141-154. ISSN 2460 –7797

[img] Text
4906 - Published Version

Download (33kB)
Official URL: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan perangkat pembelajaran matematika dengan bantuanmediae-learning pada materi lingkaranyang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan self concept siswa. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMP Labschool FIP UMJ kelas VIII tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat dengan model 4D Thiagarajan yaitu pendefinisian (analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis materi, analisis tugas, dan merumuskan tujuan pembelajaran khusus), perancangan (penyusunan kriteria tes, pemilihan media, pemilihan format, dan desain awal), pengembangan (validasi ahli dan uji coba) dan penyebaran. Adapun perangkat yang dikembangkan adalah Silabus, RPP, Buku Siswa, dan Tes Kemampuan Berpikir Kreatif (TBKM). Variabel penelitian meliputi variabel perangkat pembelajaran, kemampuan berpikir kreatif dan self conceptsiswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yaitu dengan metode tes, pengamatan dan angket. Hasil Penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran matematika dengan bantuan media e-learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan self concept siswa yang terdiri dari Silabus, RPP, LKS dan Buku Siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah melalui proses validasi dan dinyatakanmemenuhi validitas isi dan validitas konstruk yang ditetapkan oleh orang yang ahli (pakar) di bidangnya. Maka perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan valid. Dari hasil desain pengembangan perangkat pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan self concept siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Educational Sciences / Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Mathematics Education / Pendidikan Matematika
Depositing User: Arlin Astriyani
Date Deposited: 28 Feb 2021 08:35
Last Modified: 28 Feb 2021 08:35
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/3329

Actions (login required)

View Item View Item