PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN BANTUAN MEDIA EVALUASI THATQUIZ
Widiyasari, Ririn and Astriyani, Arlin (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN BANTUAN MEDIA EVALUASI THATQUIZ. Fibonacci Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6 (2). pp. 141-154. ISSN 2460 –7797
Text
4906 - Published Version Download (33kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan perangkat pembelajaran matematika dengan bantuanmediae-learning pada materi lingkaranyang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan self concept siswa. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMP Labschool FIP UMJ kelas VIII tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat dengan model 4D Thiagarajan yaitu pendefinisian (analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis materi, analisis tugas, dan merumuskan tujuan pembelajaran khusus), perancangan (penyusunan kriteria tes, pemilihan media, pemilihan format, dan desain awal), pengembangan (validasi ahli dan uji coba) dan penyebaran. Adapun perangkat yang dikembangkan adalah Silabus, RPP, Buku Siswa, dan Tes Kemampuan Berpikir Kreatif (TBKM). Variabel penelitian meliputi variabel perangkat pembelajaran, kemampuan berpikir kreatif dan self conceptsiswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yaitu dengan metode tes, pengamatan dan angket. Hasil Penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran matematika dengan bantuan media e-learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan self concept siswa yang terdiri dari Silabus, RPP, LKS dan Buku Siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah melalui proses validasi dan dinyatakanmemenuhi validitas isi dan validitas konstruk yang ditetapkan oleh orang yang ahli (pakar) di bidangnya. Maka perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan valid. Dari hasil desain pengembangan perangkat pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan self concept siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Educational Sciences / Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Mathematics Education / Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Arlin Astriyani |
Date Deposited: | 28 Feb 2021 08:35 |
Last Modified: | 28 Feb 2021 08:35 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/3329 |
Actions (login required)
View Item |