Pengaruh Mendongeng Di Rumah Pada Kemampuan Anak Membaca Nyaring Di Depok
Diah, Mas Roro Diah Wahyu Lestari (2021) Pengaruh Mendongeng Di Rumah Pada Kemampuan Anak Membaca Nyaring Di Depok. Pengaruh Mendongeng Di Rumah Pada Kemampuan Anak Membaca Nyaring Di Depok, 5 (1). pp. 31-38. ISSN : 2597-4440
Text
JIKAP Download (59kB) |
|
Text
JIKAP Download (59kB) |
|
Text
JIKAP Download (59kB) |
|
Text
JIKAP Download (59kB) |
|
Text
JIKAP Download (59kB) |
Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui prestasi 12 siswa dalam membaca nyaring sebelum dan sesudah dilakukan ekperiment pendampingan metode dongeng yang dilakukan orangtua di rumah dan mengetahui seberapa besar pengaruh pendampingan mendongeng orangtua terhadap prestasi 12 siswa yang mengalami keterlambatan membaca nyaring. Peneliti menggunakan quasi eksperiment one group pretest n posttes. Pengumpulan datanya menggunakan tes yang kemudian diolah dengan menggunakan statistic uji t. Kegiatan penelitian ini bekerjasama dengan pihak orangtua mereka untuk bersedia melakukan kegiatan pendampingan mendongeng terhadap anak mereka selama 2 minggu. Hasil pengolahan data terdapat perbedaan nilai rata-rata kemampuan membaca nyaring pre tes dan pos tes pada 12 anak yang mengalami keterlambatan membaca nyaring sebesar 5,4. Hasil uji t diperoleh nilai signifikans sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05 maka hasil pengujian diterima. Penelitian ini telah membuktikan adanya pengaruh treatment mendongeng terhadap meningkatnya kemampuan membaca nyaring khususnya pada anak-anak yang mengalami keterlambatan membaca.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Educational Sciences / Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Primary School Teacher Education / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Mas roro Diah Wahyu Lestari Diah |
Date Deposited: | 28 Feb 2021 02:33 |
Last Modified: | 28 Feb 2021 02:33 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/3278 |
Actions (login required)
View Item |