Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Infografis Pada Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Kelas III SDN Pondok Pinang 08 Pagi.

Damayanti, Anita and Suradika, Agus and Ulfaniatari, Ulfaniatari (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Infografis Pada Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Kelas III SDN Pondok Pinang 08 Pagi. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Infografis pada Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Kelas III SDN Pondok Pinang 08 Pagi.. pp. 1-11. ISSN 2745-6080

[img] Text
Artikel_ Media Infografis.pdf - Published Version

Download (398kB)
Official URL: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan hasil belajar matematika pecahan melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan menggunakan media infografis pada siswa kelas III SD Negeri Pondok Pinang 08 Pagi tahun 2020. Subjek penelitian berjumlah 20 siswa dan metode penelitian yang digunakan adalah PenelitianTindakan Kelas model Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 kali pertemuan secara daring. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif dilakukan dengan cara data dari hasil observasi, dokumentasi, dan wawancara selama penelitian. Analisis data kuantitatif menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu membandingkan hasil yang diperoleh dari pra-siklus, siklus pertama dan siklus kedua. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar matematika pecahan dengan penggunaan media infografis, hal ini dapat dibuktikan ketuntasan belajar matematika pecahan pra-siklus sebesar 40%. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus 1 sebesar 55% dan siklus II sebesar 95%. Hal ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar matematika pecahan dari siklus I ke siklus II sebesar 40 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar matematika pecahan melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) siswa kelas III SD Negeri Pondok Pinang 08 Pagi Jakarta dapat meningkat dengan menggunakan media infografis. Kata Kunci : Hasil Belajar, Matematika, dan Infografis

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Educational Sciences / Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Early Childhood Education / Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Depositing User: Anita Damayanti
Date Deposited: 27 Feb 2021 06:51
Last Modified: 27 Feb 2021 06:51
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/3098

Actions (login required)

View Item View Item