Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Puzzle Rumah Perkalian Di Kelas II Sekolah Dasar

Sundi, Venni Herli and Bahar, Herwina and Irrawati, Rina (2020) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Puzzle Rumah Perkalian Di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Perseda, 3 (2). pp. 1-9. ISSN 2684-9917

[img] Text
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Puzzle Rumah Perkalian.pdf - Published Version

Download (469kB)
Official URL: https://jurnal.ummi.ac.id/

Abstract

Pada proses pelaksanaan penelitian, peneliti melihat rendahnaya kemampuan belajar matematika siswa SDN Kramat Jati 24 Jakarta Timur, terutama dalam materi operasi hitung perkalian. Kondisi ini disebabkan kurangnya motivasi dan rasa ingin tahu siswa dalam mata pelajaran matematika, sehingga hasil belajar siswa masih belum maksimal. Untuk menegetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung menggunakan media puzzle rumah perkalian adalah tujuan dari penelitian. Metodenya adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis & Taggart. Hasil dari penelitian diperoleh peningkatan presentase pencapaian KKM dari prasiklus sebesar 28,4 % di mana pada prasiklus KKM siswa hanya 65,5 % mendapat peningkatan menjadi 78,1% pada siklus I dan pada siklus II mendapat peningkatan menjadi 94%. Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan puzzle rumah perkalian pada materi operasi hitung matematika dapat meningkatkan hasil belajar dan membuat siswa lebih kreatif dan efektif. Peneliti berharap hasil dari penelitian ini dapat bermanfaat bagi pmebaca, bagi guru, bagi orang tua dan praktisi pendidikan lainnya dalam membimbing siswa dalam proses belajar.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Educational Sciences / Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Primary School Teacher Education / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Dr Herwina Bahar
Date Deposited: 26 Feb 2021 06:58
Last Modified: 26 Feb 2021 06:58
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/2899

Actions (login required)

View Item View Item