Pengaruh Pembelajaran Terpadu Model Tersarang (Nested) Terhadap Pemahaman Konsep Keliling Dan Luas Bangun Datar

Iswan, Iswan and Linda Astriani, Linda (2020) Pengaruh Pembelajaran Terpadu Model Tersarang (Nested) Terhadap Pemahaman Konsep Keliling Dan Luas Bangun Datar. Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3 (2). pp. 63-68. ISSN 2684-9917

[img] Text
Pengaruh Pembelajaran Terpadu Model Tersarang (Nested)Terhadap Pemahaman Konsep Keliling Dan Luas Bangun Datar.pdf

Download (286kB)
Official URL: https://jurnal.ummi.ac.id/

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh pembelajaran terpadu model tersarang (nested) terhadap pemahaman konsep keliiling dan luas bangun datar. Penelitian dilakukan di SD Islam Harapan Ibu Pondok Pinang Jakarta Selatan pada tahun ajaran 2018/2019. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Randomized Control Group Only Design. Subjek penelitiian yaitu 55 peserta didik kelas V (lima) dengan 30 peserta didik kelas eksperimen dan 25 peserta didik kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian atau essay sebanyak 8 soal. Hasil pemahaman konsep keliling dan luas bangun datar yang menggunakan pembelajaran terpadu model tersarang (nested) meliputi pemahaman translasi sebesar 82%, interpretasi sebesar 85,3%, dan ekstrapolasi sebesar 61,3% sedangkan hasil pada kelas konvensional diperoleh translasi sebesar 84,8%, interpretasi sebesar 79,2%, dan ekstrapolasi sebesar 43,8%. Kesimpulan penelitian adalah pemahaman konsep keliling dan luas bangun datar yang menggunakan pembelajaran terpadu model tersarang (Nested) lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional (thitung = 2,10 > ttabel = 1,68). Kata Kunci : Pembelajaran Terpadu, Model Tersarang (Nested), Pemahaman Konsep Keliling dan Luas Bangun Datar.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Educational Sciences / Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Primary School Teacher Education / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Dr Iswan M.Si
Date Deposited: 25 Feb 2021 07:52
Last Modified: 25 Feb 2021 07:52
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/2838

Actions (login required)

View Item View Item