Self Disclosuredalam Komunikasi Diadik antara Mahasiswa dan Dosen Penasehat Akademik
Swarnawati, Aminah (2021) Self Disclosuredalam Komunikasi Diadik antara Mahasiswa dan Dosen Penasehat Akademik. Jurnal Riset Komunikasi, 4 (1). pp. 38-49. ISSN 2615-0875
Text
document.pdf - Submitted Version Download (726kB) |
Abstract
Studi mengenai selfdisclosuredalam komunikasi diadik antara mahasiswadan dosen penasehat akademik ini fokus permasalahannya pada persoalan non akademik yang memengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) menganalisis self disclosuremahasiswa kepada dosen penasehat akademikberdasarkan dimensi selfdisclosure;2) menganalisis self-disclosuremahasiswa kepada dosen PA berdasarkan faktor yang memengaruhi selfdisclosure. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatifdengan teknik analasis deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan dimensi selfdisclosure: dimensi ukuran/frekuensi,frekuensi konsultasi tidak sering, waktu konsultasinya tidak lama; Valensinya cenderung negatif; dimensi kecermatan dan kejujuranmasihperlu observasi lebih mendalamada keakraban yang terjalin. Sementara itu, berdasarkan faktor yang memengaruhi,yaitu tidak terjadi efek diadik;ukuran khalayak dua orang; topik bahasan dari masalah akademik berkembang ke masalah non akademik. Valensinya positif hingga negatif; faktor RAS, jenis kelamin dan usia: relatif sama; faktor mitra antara mahasiswa-PA posisinya tidak sederajat
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Dr, M.Si Aminah Swarnawati |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 07:01 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 07:01 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/2807 |
Actions (login required)
View Item |