The Effect of Blended Learning on Students’ Writing Analytical Exposition Text at MA Mambaul Maarif Belik Pengaruh Blended Learning pada Menulis Teks Eksposisi Analitik Siswa di MA Mambaul Maarif Belik
Rohmah, Siti and Deni Wijayatiningsih, Testiana and Ifadah, Muhimatul (2019) The Effect of Blended Learning on Students’ Writing Analytical Exposition Text at MA Mambaul Maarif Belik Pengaruh Blended Learning pada Menulis Teks Eksposisi Analitik Siswa di MA Mambaul Maarif Belik. The Effect of Blended Learning on Students’ Writing Analytical Exposition Text at MA Mambaul Maarif Belik Pengaruh Blended Learning pada Menulis Teks Eksposisi Analitik Siswa di MA Mambaul Maarif Belik, 2. pp. 381-382. ISSN 2654-766X
Text
The Effect of Blended Learning on Students’ Writing Analytical Exposition Text at MA Mambaul Maarif Belik.pdf - Published Version Download (245kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh blended learning pada siswa menulis teks eksposisi analitik, dengan menerapkan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MA Maarif Belik yang melibatkan 61 siswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, dan tes menulis. Temuan ini mengungkapkan bahwa siswa mendapat skor menulis yang lebih tinggi setelah blended learning dilaksanakan. Itu bisa dilihat dari skor pre test di kelas eksperimen yang mendapat skor 39 dan post test naik 34 poin dan jika dibandingkan dengan kelas control pre test mendapat 37 dan post test naik 20 poin. Dari data menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan blended learning mendapat skor lebih tinggi daripada kelas kontrol. Selain itu, hasil perhitungan persentase kuesioner di atas menunjukkan bahwa hasilnya adalah 70,22% yang berarti kategori baik dengan interval 60-79%. Dapat didefinisikan bahwa siswa sepakat bahwa blended learning sesuai untuk diterapkan dalam kelas menulis. Kemudian, sebagian besar orang yang diwawancarai mengklaim bahwa blended learning dapat membuat siswa lebih antusias dan termotivasi dalam belajar bahasa Inggris. Siswa dapat melakukan tugas di kelas dan di luar kelas karena dampak yang baik adalah menggunakan platform pembelajaran. Namun, para siswa dan guru harus memiliki smartphone dan koneksi internet, akibatnya, itu tidak dapat diterapkan ke semua sekolah, terutama sekolah yang memiliki akses internet terbatas sebagai fasilitas belajar. Namun, beberapa fasilitas dan prosedur teknis harus disiapkan dalam menerapkan blended learning.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 29 Jan 2021 08:04 |
Last Modified: | 29 Jan 2021 08:04 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/2521 |
Actions (login required)
View Item |