MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH ALAM ( Studi Deskripsi Di Sekolah Dasar Alam Kebun Tumbuh Bojongsari Sawangan Depok Jawa Barat )

Ramdhany, Wahyu Eko (2020) MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH ALAM ( Studi Deskripsi Di Sekolah Dasar Alam Kebun Tumbuh Bojongsari Sawangan Depok Jawa Barat ). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Model perencanaan program tahunan, program semester, harian, mingguan (2) Model pengembangan kurikulum (3) Kerangka Kurikulum Sekolah Dasar Alam Kebun Tumbuh yang meliputi antara mata pelajaran, ekstrakulikuler, pengembangan diri (4) Faktor penghambat dan pendukung dalam model pengembangan kurikulum. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh adalah sumber data primer maupun sumber data sekunder. Data analisis dengan pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, dan penyajian kesimpulan. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman (1994) dengan tahapan reduksi data, display data, dan conclusion. Pemeriksaan keabsahan data menggunkan triangulasi terhadap waktu, sumber dan metode. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Perencanaan Program Tahunan, Program Semester, Harian, Mingguan adalah untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan.(2) Model pengembangan kurikulum menggunakan kurikulum KTSP dan menggunakan model kurikulum Humanis. (3) Kerangka Kurikulum Sekolah Dasar Alam Kebun Tumbuh yang meliputi antara mata pelajaran, ekstrakulikuler, pengembangan diri (4) Faktor penghambat dan pendukung dalam model pengembangan kurikulum.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 28 Jan 2021 09:17
Last Modified: 28 Jan 2021 09:17
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/2460

Actions (login required)

View Item View Item