IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DI SMP DUA MEI TAHUN AJARAN 2018/2019

Sari, Fifia Permata (2020) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DI SMP DUA MEI TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, diantaranya: 1) Mengetahui perencanaan pendekatan saintifik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan karakter jujur, tanggung jawab dan rasa ingin tahu siswa di SMP Dua Mei. 2) Mengetahui pelaksanaan pendekatan saintifik mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan karakter jujur, tanggung jawab dan rasa ingin tahu siswa di SMP Dua Mei 3) Medeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi pendekatan saintifik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan karakter jujur, tanggung jawab dan rasa ingin tahu siswa di SMP Dua Mei. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tehnik, wawancara, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwasanya implementasi pendekatan saintifik mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan karakter siswa kelas VIII di SMP Dua Mei melalui tiga proses yaitu proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi mengenai faktor pendukung dan penghambat implementasi pendekatan saintifik serta solusinya. Perencanaan secara umum melalui workshop para guru, sedangkan perencanaan pembelajaran dengan menyususun RPP, silabus, program semester, dan program tahunan. Pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran sudah terlaksana dengan baik melalui kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi serta mengkomunikasikan, serta sekolah mengadakan program BTQ dan pengajian bersama yang diikuti seluruh siswa di luar jam pelajaran. Faktor pendukung terlaksananya pendekatan saintifik yakni kerja sama antara guru, kepala sekolah, orang tua, siswa serta sarana dan prasarana yang tersedia di SMP Dua Mei. Adapun faktor penghambat implementasi pendekatan saintifik dalam meningkatkan karakter siswa pada kelas VIII terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari kesiapan dan motivasi siswa yang berbedabeda sehingga membutuhkan waktu lebih banyak dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik. Faktor eksternal berasal dari pengaruh lingkungan luar sekolah yakni adanya kemudahan tekhnologi/gadget dan siswa masih kurang efektif menggunakannya. Solusinya adalah pendidik, serta orang tua terus menjaga komunikasi dengan memantau, membimbing serta memotivasi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 28 Jan 2021 09:17
Last Modified: 28 Jan 2021 09:17
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/2459

Actions (login required)

View Item View Item