PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PENGEMBANGAN SEKOLAH BERBASIS PESANTREN

Gany, Romlah (2017) PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PENGEMBANGAN SEKOLAH BERBASIS PESANTREN. PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PENGEMBANGAN SEKOLAH BERBASIS PESANTREN.

[img] Text
makalah Journal-RomlahGany REVISI.pdf - Published Version

Download (405kB)

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan adalah suatu proses yang sistematis yang terus-menerus meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan faktor-faktor yang berkaitan dengan input (raw input dan instrumental input), proses pendidikan secara menyeluruh, dan output, agar tujuan dan target pendidikan dapat dicapai dengan lebih efektif dan efisien. Salah satu upaya peningkatan mutu pendidikan adalah dengan pengembangan Sekolah Berbasis Pesantren. Sekolah Berbasis Pesantren (SBP) adalah model sekolah yang mengintegrasikan keunggulan sistem pendidikan sekolah dan sistem pendidikan pesantren dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan mutu SDM Indonesia yang handal, memiliki integritas inteligensi Intelectual Quotion (IQ), emotional quotion (EQ), dan spiritual quotion (SQ), berwatak plural dan multikutural. Pengembangan SBP perlu terus dilakukan karena SBP selain dapat menghasilkan output yang memiliki kompetensi tinggi, dan outcome yang baik, juga dapat dijadikan rintisan dalam mengurangi atau menghilangkan pemikiran dikotomis antara agama dan science, meningkatkan mutu pesantren dan dapat mengubah image masyarakat terhadap pesantren. SBP merupakan lembaga pendidikan alternatif yang dapat menghasilkan lulusan bermutu yaitu lulusan yang memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif, dan dapat memenuhi harapan-harapan masyarakat, sehingga SBP dapat berkontribusi nyata dalam peningkatan mutu pendidikan dan mutu SDM Indonesia di masa depan. Improving the quality of education is a process that systematic who constantly improve the quality of the process of learning and the factors that relating to the input (as raw the input and the input instrumental), the process of education thoroughly, and output, that the purpose of education and targets can be achieved with more effective and efficient. One of the effort to improve the quality of education is with the development of its boarding schools based. School Based Pesantren (SBP) is a model boarding school system integrating excellence education boarding and education system pesantren in order to develop and improve the quality of Indonesian human resources are reliable, having integrity inteligensi intellectual quotion (IQ), emotional quotion (EQ), and spiritual quotion (SQ), plural and multikutural. The development of SBP need to be continued because SBP addition to produce outputs having high competence, and outcome good, can also be stub in reduce or eliminate dichotomous thinking of religion and science, improve the quality of pesantrean and may change image of the community to Pesantren. SBP is the institutions alternative education that can produce quality graduates such as having comparative advantages and competitive, and can meet our hopes the community, so that SBP can contribute real in improving the quality of education and quality of Indonesian human resources in the future

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Faculty of Islamic Religion
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 18 Jan 2021 07:39
Last Modified: 18 Jan 2021 07:39
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/2437

Actions (login required)

View Item View Item