Pembentukan Karakter Melalui Hidden Curriculum (Studi Kasus pada Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta
Fauzi, Adlan Pembentukan Karakter Melalui Hidden Curriculum (Studi Kasus pada Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta. Pembentukan Karakter Melalui Hidden Curriculum (Studi Kasus pada Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta.
Text
Pempentukan Karakter Melalui Hidden Curriculum (Studi Kasus pada madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta).pdf - Published Version Download (4MB) |
Abstract
Banyak dari kalangan pendidikan yang tidak paham akan istilah hidden curriculum, ditambah lagi keprihatinan akan permasalahan yang menyangkut peserta didik seperti perilaku menyimpang yang sering disalah istilahkan dengan kenakalan remaja. berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah dan lembaga pendidikan untuk mencegah kenakalan remaja salah satunya dengan pendidikan karakter. Melalui pendidikan karakter sebagai usaha mengubah paradigma peserta didik dalam menanggulangi kenakalan remaja. Artikel ini bertujuan untuk dapat menganalisis dan membuktikan lebih dalam peran hidden curriculum dalam pembentukan karakter didik di madrasah. metodologi dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. hasil analisa temuan peneliti menunjukan bahwa aspek dalam hidden curriculum dapat tertuang melalui kegiatan peribadahan (shalat dhuha, tadarrus Al-Quran, solat berjamaah, solat jumat), tabungan amal saleh, rerading habbit, ekstrakulikuler pada bidang seni, kegiatan ekstrakulikuler pada bidang olahraga, fasilitas sekolah dan kegiatan rutin yang dapat membentuk karakter. Madrasah mendesain program hidden curriculum untuk pembentukan karakter peserta didik. Praktik hidden curriculum di madrasah berhasil membentuk 7 karakter peserta didik yaitu kejujuran, tanggung jawab, toleransi, disiplin diri, religius, mandiri, dan peduli sesama
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 28 Jan 2021 09:16 |
Last Modified: | 28 Jan 2021 09:16 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/2367 |
Actions (login required)
View Item |