Pengembangan Interaksi Sosial Anak Autis di Sekolah Dasar Kelas Awal

Soeratman, Suharsiwi Pengembangan Interaksi Sosial Anak Autis di Sekolah Dasar Kelas Awal. Pengembangan Interaksi Sosial Anak Autis di Sekolah Dasar Kelas Awal.

[img] Text
Proceeding UKM.pdf - Published Version

Download (426kB)

Abstract

Autisme menurut istilah kedokteran, psikiatri dan psikologi termasuk ke dalam gangguan pervasif (pervasive development disorder). Secara khas gangguan yang termasuk dalam kategori ini ditandai dengan distorsi perkembangan fungsi psikologis dasar majemuk yang meliputi perkembangan keterampilan sosial dan berbahasa, seperti perhatian, persepsi, daya nilai terhadap realitas dan gerakangerakan motorik. Tidak banyak sekolah umum yang mau menerima anak dengan kebutuhan khusus seperti anak dengan kasus autisme ini. Banyak alasan yang cukup dimengerti seperti keterbatasan tenaga, fasilitas dan kurangnya pengetahuan guru pada penanganan anak-anak dengan kasus ini. Keunikan anak sebagai individu juga demikian dengan anak–anak autis yang berada di sekolah. Mereka memperlihatkan berbagai perilaku-perilaku sosial yang muncul ketika berinteraksi baik dengan guru maupun dengan teman-temannya. Pendidikan adalah hak setiap anak tidak terkecuali bagi mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Memberi kesempatan mereka bersekolah di sekolah umum, adalah memberi hak pendidikan dan peluang untuk mereka berinteraksi dengan teman-teman sebaya dan guru dalam lingkungan sekolah tanpa perbedaan. Hal tersebut akan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan kemampuan sosial dan interaksi mereka. Diharapkan kemampuan ini akan dapat melepaskan mereka dari keterasingan dengan dunia sekitarnya, dan lebih dari itu perkembangan kemampuan lainnya akan dapat dikembangkan secara lebih optimal.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Islamic Religion
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 17 Dec 2020 01:07
Last Modified: 17 Dec 2020 01:07
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/2339

Actions (login required)

View Item View Item