PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK AUTIS DI TK B

Soeratman, Suharsiwi (2015) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK AUTIS DI TK B. Jurnal Ilmiah Visi PPTK PAUDNI, 10 (1). pp. 1-8.

[img] Text
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK AUTIS DI TK B.pdf - Published Version

Download (232kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan keterampilan sosial anak-anak autis dalam berinteraksi sosial, berkomunikasi dan kemandiriannya melalui model pembelajaran keterampilan sosial ACT-Me (Autism Children Teaching Model). Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development yang mengacu pada Borg & Gall. Pengembangan model dilakukan 2012-2014 di beberapa sekolah di Jakarta, Tangerang, dan Depok. Tahap pengembangan produk dilakukan di sekolah khusus Mutiara Hati BSD dan tahap pengujian terbatas di sekolah inklusif Semut-Semut. Penelitian menemukan ada kebutuhan guru akan model ini dan saran para ahli untuk menyempurnakannya. Efektivitas uji model menunjukkan, model pembelajaran keterampilan sosial ini memiliki kelayakan di atas 80% dari produk yang dihasilkan berupa silabus, perencanaan harian, asesmen, buku kerja siswa, dan sejumlah media yang dapat diterapkan di sekolah inklusif dan khusus. Saran penelitian ini adalah memerluas uji coba dengan diseminasi agar model ini dapat diterapkan oleh anak-anak autis di seluruh Indonesia.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LD Individual institutions (United States)
Divisions: Faculty of Islamic Religion
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 17 Dec 2020 01:07
Last Modified: 17 Dec 2020 01:07
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/2337

Actions (login required)

View Item View Item