PERAN LEMBAGA PAUD BERBASIS ISLAM DALAM MELAKUKAN DETEKSI DINI DAN INTERVENSI TUMBUH KEMBANG ANAK

Soeratman, Suharsiwi PERAN LEMBAGA PAUD BERBASIS ISLAM DALAM MELAKUKAN DETEKSI DINI DAN INTERVENSI TUMBUH KEMBANG ANAK. PERAN LEMBAGA PAUD BERBASIS ISLAM DALAM MELAKUKAN DETEKSI DINI DAN INTERVENSI TUMBUH KEMBANG ANAK.

[img] Text
JURNAL Peran lembaga PAUD.pdf - Published Version

Download (286kB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang memberikan letak dasar pembentukan perilaku dan keterampilan dasar anak. Sebagai peranannya yang penting untuk memberikan pondasi bagi jenjang pendidikan berikutnya. maka PAUD sangat strategis bagi proses perkembangan anak. Menjadi sangat penting peranannya, ketika dalam pelaksanaannya mendapati anak-anak yang mengalami hambatan dalam proses perkembangannya. Lembaga PAUD merupakan lembaga pertama yang diharapkan melakukan deteksi dini permasalahan yang terjadi pada anak dengan mendapatkan masukan dari berbagai pihak yang terkait. Intervensi merupakan hal yang berikutnya yang harus dilakukan guru untuk memberikan layanan sebagai wujud dukungan pada program pendidikan inklusif di Indonesia. Program intervensi hendaknya dapat menekankan pada pengembangan kemampuan dasar dan pembentukan perilaku moral agama, dimana program disusun bersama dengan melakukan komunikasi dengan orangtua, guru pembimbing khusus dan mungkin juga klinik tumbuh kembang anak, jika anak mendapatkan penanganan awal di tempat tersebut. Riwayat penanganan dapat menjadi masukan bagi guru/tutor PAUD untuk melakukan penanganan yang tepat. Situasi ideal ini memang masih jauh dari harapan, karena sedikit sekali Lembaga PAUD yang menjalankan program pendidikan inklusif di sekolahnya atau juga menerima anak berketuhan khusus di sekolahnya. Kurangnya pengetahuan menjadi alasan bagi mereka untuk tidak menolaknya. Ketika ada lembaga PAUD yang menerima-pun adalah lembaga yang memang sudah mapan dan cenderung mahal. Pemerintah dalam hal ini dapat andil mendukung program tersebut, mengingat bahwa pelayanan pendidikan anak berkebutuhan khusus membutuhkan perangkat sarana prasarana serta pelatihan yang membekali para Tutor PAUD melakukan penanganan yang tepat bagi mereka agar dapat mereka mengembangkan diri sesuai potensi yang dimiliknya.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LD Individual institutions (United States)
Divisions: Faculty of Islamic Religion
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 17 Dec 2020 01:07
Last Modified: 17 Dec 2020 01:07
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/2335

Actions (login required)

View Item View Item