ADAPTASI KURIKULUM PENDIDIKAN INKLUSIF SISWA DENGAN HAMBATAN SOSIAL EMOSIONAL DI SEKOLAH DASAR
Soeratman, Suharsiwi (2016) ADAPTASI KURIKULUM PENDIDIKAN INKLUSIF SISWA DENGAN HAMBATAN SOSIAL EMOSIONAL DI SEKOLAH DASAR. ADAPTASI KURIKULUM PENDIDIKAN INKLUSIF SISWA DENGAN HAMBATAN SOSIAL EMOSIONAL DI SEKOLAH DASAR, 30 (1). pp. 33-40.
Text
2620-Article Text-3839-1-10-20170717 (1).pdf - Published Version Download (212kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru sekolah dasar mengadaptasi kurikulum, dengan fokus pada kesulitan yang dihadapi oleh anak-anak, bagaimana membuat adaptasi kurikulum, dan upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan guru dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dengan gangguan sosial emosional di SD Semut-semut, Kelapa Dua, Depok memiliki IQ bawah rata-rata, kesulitan berinteraksi, berkomunikasi dan kemandirian. Mereka berada di kelas rata-rata di kelas reguler antara 50% - 75%, sebagian besar waktu lainnya dalam Departemen Bantuan Pembelajaran, belajar secara individual atau sekitar 3-4 anak. Seperti yang terlihat dari adaptasi kurikulum kemampuan yang ada pada anak-anak secara terbatas. Anak-anak yang belum mampu beradaptasi di kelas reguler, program ini dipergunakan untuk mengembangkan aspek sosial dan pembekalan membaca, menulis, dan menghitung untuk persiapan mereka di kelas reguler.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 16 Dec 2020 04:23 |
Last Modified: | 16 Dec 2020 04:23 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/2327 |
Actions (login required)
View Item |