Soeratman, Suharsiwi (2016) ADAPTASI KURIKULUM PENDIDIKAN INKLUSIF SISWA DENGAN HAMBATAN SOSIAL EMOSIONAL DI SEKOLAH DASAR. ADAPTASI KURIKULUM PENDIDIKAN INKLUSIF SISWA DENGAN HAMBATAN SOSIAL EMOSIONAL DI SEKOLAH DASAR, 30 (1). pp. 33-40.
![]() |
Text
2620-Article Text-3839-1-10-20170717 (1).pdf - Published Version Download (212kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru sekolah dasar mengadaptasi kurikulum, dengan fokus pada kesulitan yang dihadapi oleh anak-anak, bagaimana membuat adaptasi kurikulum, dan upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan guru dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dengan gangguan sosial emosional di SD Semut-semut, Kelapa Dua, Depok memiliki IQ bawah rata-rata, kesulitan berinteraksi, berkomunikasi dan kemandirian. Mereka berada di kelas rata-rata di kelas reguler antara 50% - 75%, sebagian besar waktu lainnya dalam Departemen Bantuan Pembelajaran, belajar secara individual atau sekitar 3-4 anak. Seperti yang terlihat dari adaptasi kurikulum kemampuan yang ada pada anak-anak secara terbatas. Anak-anak yang belum mampu beradaptasi di kelas reguler, program ini dipergunakan untuk mengembangkan aspek sosial dan pembekalan membaca, menulis, dan menghitung untuk persiapan mereka di kelas reguler.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 16 Dec 2020 04:23 |
Last Modified: | 16 Dec 2020 04:23 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/2327 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |