Pengadaan Taman Bermain Anak Untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda II Dusun Gunung Leutik Kabupaten Bogor
Abstract
Perkembangan anak usia dini yang terpenting berada pada masa emasnya. Untuk menjaga potensi mereka dapat dilakukan beberapa stimulus diantaranya stimulus taktil yaitu berupa rangsangan gerak. Sekolah sebagai sarana utama dalam menghasilkan anak yang berpendidikan memerlukan sarana dan prasarana yang memadai. Khusus pendidikan anak usia dini, sarana bermain sangat diperlukan untuk melakukan stimulus taktil yang dibutuhkan para siswa sekolah pada level dasar. Atas dasar hal tersebut maka kegiatan pengabdian masyarakat ini mengadakan ruang bermain anak pada ruang publik agar dapat diakses oleh mereka dengan mudah. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa taman bermain yang telah dibuat dapat meningkatkan aktivitas pendidikan dengan melihat perkembangan jumlah pengunjung pondok baca.
Downloads
References
Basalamah, M. R., Rizal, M., & Efendi, E. (2020). Penyediaan Rumah Baca Masyarakat Sebagai Solusi Cerdas Mengawali Budaya Membaca. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 36–42. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3756
Filtri, E., Bastian, A., & Reswita. (2017). Peran Komunikasi Orangtua dengan Guru Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Dinamisia, 1(1), 1–4. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v1i1.128
Hakim, A. H. (2016). Integrasi di Kawasan Strategis Cagar Budaya Benteng Malborough, Bengkulu. Tekno Global, 5(1), 27–32. https://doi.org/10.36982/jtg.v5i1.93
Hantono, D. (2019). Kajian Perilaku Pada Ruang Terbuka Publik. Nalars, 18(1), 45–56. https://doi.org/10.24853/nalars.18.1.45-56
Hantono, D., & Pramitasari, D. (2018). Aspek Perilaku Manusia Sebagai Makhluk Individu dan Sosial pada Ruang Terbuka Publik. Nature, 5(2), 59–67. https://doi.org/10.24252/nature.v5i2a1
Masruroh, F., Mauliani, L., & Anisa. (2015). Kajian Arsitektural Taman yang Mengakomodasi Aksesibilitas Difabel Studi Kasus Taman Tribeca Central Park Mall, Taman Menteng dan Taman Ayodia. NALARS, 14(2), 145–167. https://doi.org/10.24853/nalars.14.2.%25p
Mutiah, D. (2015). Psikologi Bermain Anak Usia Dini (Pertama). Jakarta: Kencana.
Nur’aini, R. D. (2016). Kajian Penggunaan Warna pada Interior Ruang Pembelajaran Anak Usia Dini. Rekayasa, 6(1), 1–8.
Prihatiningrum, A., Ramawangsa, P. A., Bahri, S., & Yundrismein, R. (2018). Konfigurasi Massa Bangunan dalam Upaya Mitigasi Bencana pada Kawasan Pusaka Kota Bengkulu. In Seminar Nasional Inovasi, Teknologi dan Aplikasi (SeNITiA) (pp. 243–247). Bengkulu: Fakultas Teknik Universitas Bengkulu. Retrieved from http://senitia.ft.unib.ac.id/prosiding/2018f-1-43-atik-prihatiningrum/
Susilowati, E., Mujiastuti, R., Ambo, S. N., & Sugiartowo. (2019). Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) Anak pada Pos Yandu Kelurahan Penggilingan Jakarta Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik (JPMT), 1(2), 59–68.