Strategi Komunikasi City Branding Kota Tangerang dengan Promosi Wisata Budaya Kali Pasir

SUMARNI, LILIK (2024) Strategi Komunikasi City Branding Kota Tangerang dengan Promosi Wisata Budaya Kali Pasir. JURNAL KOMUNIKA ISLAMIKA, 11 (1). pp. 12-28. ISSN 2355-7982

[img] Text
Strategi Komunikasi City Branding Kota Tangerang dengan Promosi.pdf

Download (502kB)
Official URL: https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/komunika/arti...

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi yang diimplementasikan oleh Kota Tangerang dalam upaya membangun citra merek kota atau city branding melalui promosi Kawasan wisata budaya Kali Pasir. Kawasan Kali Pasir merupakan Kawasan perpaduan budaya tionghoa dan penduduk asli Kota Tangerang. Kali Pasir memiliki potensi sebagai wisata budaya pada citra Kota Tangerang dengan beberapa daya tarik khusus melalui warisan budaya lokal, situs bersejarah, seni tradisional dan kegiatan budaya lainnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi komunikasi yang telah digunakan oleh pemerintah Kota Tangerang dalam mempromosikan kawasan wisata budaya Kali Pasir sebagai bagian dari usaha membangun citra kota / city branding. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus melalui wawancara mendalam dengan beberapa pihak, seperti pemerintah, ahli branding, dan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Tangerang telah menerapkan berbagai strategi komunikasi dalam membangun citra nerek kota melalui promosi wisata budaya Kali Pasir. Strategi tersebut mencangkup penggunaan media sosial, kolaborasi dengan pelaku industry kearifan local, penyelenggaraan acara budaya, dan pengembangan intrastruktur pendukung wisata. Sehingga dampak dari strategi ini adanya peningkatan ketertarikan wisatawan terhadap Kali Pasir dan peningkatan citra positif Kota Tangerang secara keseluruhan. Kesimpulannya adalah strategi komunikasi yang diterapkan oleh Kota Tangerang dalam mempromosikan Kawasan wisata budaya daerah Kali Pasir telah berhasil membangun citra merek kota yang lebih kuat. Dengan menggabungkan promosi wisata budaya dan penerapan strategi komunikasi yang tepat, sehingg Pemerintah Kota Tangerang mampu meningkatkan daya tarik Kawasan tersebut serta meningkatkan persepsi positif pada masyarakat. Keywords Strategi Komunikasi; Wisata Budaya; City Branding; Kota Tangerang

Item Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi
Depositing User: Lilik Sumarni
Date Deposited: 13 Aug 2024 04:45
Last Modified: 13 Aug 2024 04:45
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/20436

Actions (login required)

View Item View Item