Kajian Kerusakan Lingkungan Akibat Kegiatan Pebnambangan Bijih Nikel di Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah

Sodikin, Sodikin (2023) Kajian Kerusakan Lingkungan Akibat Kegiatan Pebnambangan Bijih Nikel di Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah. Discussion Paper. Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
Makalah Hukum Lingkungan.pdf

Download (685kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji jenis-jenis kerusakan, menentukan tingkat kerusakan, dan merumuskan strategi pengelolaan lingkungan akibat kegiatan penambangan bijih nikel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif, dengan teknik survei, pencatatan dan wawancara. Penilaian tingkat kerusakan lingkungan dengan metode skoring dan indeks pencemar. Hasil penelitian diperole jenis kerusakan komponen lingkungan berupa perubahan bentuk lahan, hilangnya tanah pucuk, kehilangan vegetasi, hilangnya fauna darat dan biota perairan (ikan), perubahan mata pencaharian, perubahan gaya hidup/prilaku, dan konflik sosial. Tingkat kerusakan komponen abiotik dan biotik pada kegiatan penambangan bijih nikel didaerah penelitian masuk dalam kategori kerusakan berat. Tingkat kerusakan komponen kultural masuk dalam kriteria kerusakan sedang.

Item Type: Monograph (Discussion Paper)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > S2 Master of Law / Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Dr Sodikin Sodikin
Date Deposited: 16 Jul 2024 00:54
Last Modified: 16 Jul 2024 00:54
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/19904

Actions (login required)

View Item View Item