PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, INTENSITAS ASET TETAP DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TAX MANAGEMENT DENGAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2014-2018)

Wahyu, Fitriani (2020) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, INTENSITAS ASET TETAP DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TAX MANAGEMENT DENGAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2014-2018). Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
WAHYU FITRIANI-2016950032.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, leverage, intensitas aset tetap, dan ukuran perusahaan terhadap tax management, dimana kepemilikan institusional sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 58 perusahaan dengan jumlah obsevasi 290 yang diperoleh dengan teknik nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis partial least square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh terhadap tax management. Sedangkan, leverage, intensitas aset tetap, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap tax management. Penelitian ini juga menemukan bahwa kepemilikan institusional mampu memoderasi pengaruh leverage dan ukuran perusahaan terhadap tax management. Sedangkan, kepemilikan institusional tidak mampu memoderasi pengaruh profitabilitas dan intensitas aset tetap terhadap tax management. Kata kunci : Profitabilitas, Leverage, Intensitas Aset Tetap, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Institusional, dan Tax Management.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics and Business / Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S2 Master of Accounting / Magister Akuntansi
Depositing User: S.Ip Tia Mutiawati
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:38
Last Modified: 22 Feb 2024 04:53
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/18234

Actions (login required)

View Item View Item