KESELARASAN TUJUAN DALAM ORGANISASI: PENGALAMAN INTERSUBJEKTIF PENGUKURAN KINERJA

Muhammad, Faizal Muttaqin (2020) KESELARASAN TUJUAN DALAM ORGANISASI: PENGALAMAN INTERSUBJEKTIF PENGUKURAN KINERJA. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
MUHAMMAD FAIZAL MUTTAQIN 2017950026_removed.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Organisasi terus mencari cara untuk mencapai tujuannya, di sisi lain, individu cenderung mempertahankan konsistensi kognitif dalam perilaku mereka karena mereka memiliki persepsi kuat tentang identifikasi organisasi untuk menunjukan perilaku positif yang mereka inginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana keselarasan tujuan antara tujuan individu dan organisasi dalam proses pengukuran kinerja oleh organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap lima karyawan yang bekerja pada anak perusahaan multinasional yang bergerak dibidang produksi flexible packaging sebagai informan kunci dari masing-masing departemen. Observasi dilakukan secara tidak terstruktur. Dokumentasi berupa catatan lapangan, foto dan papan informasi yang memuat KPI serta hasil pencapaiannya. Analisa data mengombinasikan teknik Interpretatif Phenomenological Analysis (IPA) dengan fenomenologi Schütz. Tahap analisa data meliputi coding (interpretasi, kondensasi dan pengkategorian tema) dan analisa. Interpretasi hasil menggunakan konsep intersubjektif Schütz (subjektivitas, potensi, belajar, tipikal, pragmatis dan bahasa). Hasil penelitian menunjukan bahwa karyawan memiliki perasaan dan tindakan berbeda dalam berusaha mencapai KPI (Key Performance Indicator). Oleh karena itu, antisipasi kendala dalam berusaha mencapai KPI dilakukan karena adanya pengaruh intersubjektif Tujuan Pribadi, Tujuan Perusahaan, Peers, Atasan/ Departemen dan Customer. Dengan demikian dalam pencapaian KPI-nya, karyawan berusaha mencapai tujuan pribadi dan secara bersamaan tujuan perusahaan juga tercapai. Kata Kunci: Key Performance Indicator, Keselarasan Tujuan, Intersubjektif, Fenomenologi Schütz, Interpretatif Phenomenological Analysis.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics and Business / Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S2 Master of Accounting / Magister Akuntansi
Depositing User: S.Ip Tia Mutiawati
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:53
Last Modified: 22 Feb 2024 04:53
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/18225

Actions (login required)

View Item View Item