DETERMINAN KINERJA LINGKUNGAN: PENERAPAN AKUNTANSI MANAJEMEN LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI EMPIRIS PADA HOTEL BERBINTANG DI KOTA BOGOR)

Iklima, Pila Sopia (2022) DETERMINAN KINERJA LINGKUNGAN: PENERAPAN AKUNTANSI MANAJEMEN LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI EMPIRIS PADA HOTEL BERBINTANG DI KOTA BOGOR). Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
IKLIMA PILA SOPIA-2019950009.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Akuntansi manajemen lingkungan (AML) secara progresif semakin penting dalam bidang penelitian untuk perusahaan yang berkelanjutan, peran AML diperlukan dalam mengidentifikasi sistem dan praktik Akuntansi manajemen konvensional yang dinilai belum mampu memberikan informasi terhadap biaya lingkungan serta mengabaikan pelaporan akuntansi manajemen lingkungan, untuk mengisi kelemahan tersebut AML dapat menyediakan transisi data dari akuntansi keuangan, akuntansi biaya serta keseimbangan aliran material untuk meningkatkan efisiensi material, mengurangi dampak dan risiko terhadap lingkungan dan mengurangi biaya lingkungan. Tujuan dari penelitian ini yaitu menguji dan mengevaluasi pengaruh tekanan stakeholder, ukuran organisasi, komitmen manajemen puncak, ketidakpastian lingkungan serta kefokusan peran penerapan Akuntansi Manajemen Lingkungan sebagai pemediasi terhadap kinerja lingkungan hotel berbintang Wilayah Kota Bogor. Hasil penelitian menunjukan bahwa tekanan stakeholder, ukuran organisasi, komitmen manajemen puncak dan penerapan akuntansi manajemen lingkungan berpengaruh terhadap kinerja lingkungan, serta peran mediasi penerapan AML mampu mempengaruhi hubungan tekanan stakeholder, ukuran organisasi, dan komitmen manajemen puncak terhadap kinerja lingkungan. Selain itu ketidakpastian lingkungan tidak berpengaruh terhadap kinerja lingkungan dan peran mediasi penerapan AML juga tidak mampu mediasi hubungan ketidakpastian lingkungan terhadap kinerja lingkungan. Kata kunci: tekanan stakeholder, ukuran organisasi, komitmen manajemen puncak, ketidakpastian lingkungan, penerapan Akuntansi Manajemen Lingkungan kinerja lingkungan.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics and Business / Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S2 Master of Accounting / Magister Akuntansi
Depositing User: S.Ip Tia Mutiawati
Date Deposited: 04 Feb 2024 13:19
Last Modified: 04 Feb 2024 13:19
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/18145

Actions (login required)

View Item View Item