SEKOLAH LUAR BIASA KATEGORI B-C DENGAN KONSEP ARSITEKTUR PERILAKU DI SENTUL
Khairunnisa, Rizka SEKOLAH LUAR BIASA KATEGORI B-C DENGAN KONSEP ARSITEKTUR PERILAKU DI SENTUL. [Lampiran BKD]
Text
SEKOLAH LUAR BIASA KATEGORI B-C DENGAN KONSEP ARSITEKTUR PERILAKU DI SENTUL.docx Download (13MB) |
Abstract
Dalam perkembangan zaman saat ini, masyarakat semakin peduli dengan sesama, terutama kepada mereka yang memiliki kondisi atau kebutuhan khusus. Tak jarang saat ini banyak fasilitas dan infrastruktur yang memperhatikan dan melibatkan individu berkebutuhan khusus dalam perencanaan dan perancangannya. Sehingga mereka dapat merasa aman dan nyaman dalam beraktivitas sehari-hari. Salah satu fasilitas yang disediakan untuk mewadahi kegiatan individu berkebutuhan khusus dalam menuntut ilmu adalah fasilitas pendidikan, yang lebih dikenal dengan sekolah luar biasa (SLB). Sekolah luar biasa memiliki beberapa klasifikasi yang dilihat berdasarkan penerimaan siswa dengan gangguan tertentu, salah satunya adalah SLB kategori B-C yang menerima siswa dengan gangguan pendengaran (tunarungu) dan siswa dengan gangguan kecerdasan (tunagrahita). Selain itu, fasilitas ini juga dilengkapi dengan ruang-ruang yang dibutuhkan, seperti ruang kelas keterampilan, ruang program khusus, ruang kelas, serta ruang-ruang penunjang lainnya. Penelitian ini berfokus pada pengaplikasian konsep arsitektur perilaku. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan konsep arsitektur perilaku pada sekolah luar biasa kategori B-C dengan memperhatikan prinsip-prinsip arsitektur perilaku.
Item Type: | Lampiran BKD |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture |
Divisions: | Faculty of Engineering / Fakultas Teknik > S1 Architecture / Arsitektur |
Depositing User: | R Khairunnisa |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 06:53 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 06:53 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/17631 |
Actions (login required)
View Item |