Perilaku Cyberbullyng Pada Pemain Mobile Legends Di Kedai Rumah Nenek Pamulang

Dimas Faturrahman Kusumo Nugroho, Dimas (2023) Perilaku Cyberbullyng Pada Pemain Mobile Legends Di Kedai Rumah Nenek Pamulang. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (75kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (59kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (263kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERSETUJUAN DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (761kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (122kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (116kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (54kB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (118kB)
[img] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (55kB)
[img] Text
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (152kB)
[img] Text
11. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text
12. BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (142kB)
[img] Text
13. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf

Download (558kB)
[img] Text
14. BAB V PEMBAHASAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
15. BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (60kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)

Abstract

ABSTRAK Perilaku cyberbullying merupakan perilaku yang kerap terjadi dan dialami oleh tiap orang, termasuk salah satunya komunitas pemain MLBB. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meneliti perilaku cyerbullying yang terjadi pada permainan Mobile Legends pada komunitas pemain Mobile Legends di Kedai Rumah Nenek. Penelitian ini menggunakan teori dari Willard (2005), Kowalski (2008) dan Think Before Text (2020) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dan metode pencarian informan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Bentuk dari cyberbullying beragam namun untuk perilaku cyberbullying yang sering ditemukan dalam permainan Mobile Legends adalah flaming, denigration, impersonation, outing and tricks, dan cyberstalking. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya cyberbullying dibagi menjadi beberapa faktor, akan tetapi faktor yang paling berpengaruh terhadap terjadinya Tindakan cyberbullying yaitu meliputi faktor keluarga dan lingkungan pergaulan. Akibat dari cyberbullying tersebut akan berdampak tidak hanya kepada korban saja, namun juga dapat berdampak kepada pelaku dan orang lain yang menyaksikannya, seperti muncul rasa tidak nyaman, emosi yang tidak stabil, bahkan sampai menutup diri dari lingkungannya dikarenakan tidak mau berkomunikasi dengan orang lain karena takut akan mengalami korban dari cyberbullying. Oleh karena itu, perlu adanya pengawasan dari orang tua dalam mengawasi pergaulan anak-anaknya, perlunya ketahanan diri agar tidak terjerumus dalam hal-hal yang negatif dalam bergaul, perlu adanya kompetisi secara sehat dan sporitf dalam menyalurkan bakat bermain game MLBB, dan perlu sanksi tegas terhadap pelaku-pelaku cyberbullying dalam game MLBB. Daftar Pustaka : 14 Referensi (2017-2022) Kata Kunci : Cyberbullying, Komunitas, Perilaku

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Social Welfare Science / Ilmu Kesejahteraan Sosial
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:49
Last Modified: 23 Nov 2023 06:49
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/17220

Actions (login required)

View Item View Item