Perilaku Cyberbullyng Pada Pemain Mobile Legends Di Kedai Rumah Nenek Pamulang
Dimas Faturrahman Kusumo Nugroho, Dimas (2023) Perilaku Cyberbullyng Pada Pemain Mobile Legends Di Kedai Rumah Nenek Pamulang. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (75kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (59kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (263kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERSETUJUAN DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (761kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (122kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (116kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (54kB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (118kB) |
|
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (55kB) |
|
Text
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (152kB) |
|
Text
11. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
|
Text
12. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (142kB) |
|
Text
13. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf Download (558kB) |
|
Text
14. BAB V PEMBAHASAN.pdf Download (84kB) |
|
Text
15. BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (60kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (121kB) |
Abstract
ABSTRAK Perilaku cyberbullying merupakan perilaku yang kerap terjadi dan dialami oleh tiap orang, termasuk salah satunya komunitas pemain MLBB. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meneliti perilaku cyerbullying yang terjadi pada permainan Mobile Legends pada komunitas pemain Mobile Legends di Kedai Rumah Nenek. Penelitian ini menggunakan teori dari Willard (2005), Kowalski (2008) dan Think Before Text (2020) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dan metode pencarian informan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Bentuk dari cyberbullying beragam namun untuk perilaku cyberbullying yang sering ditemukan dalam permainan Mobile Legends adalah flaming, denigration, impersonation, outing and tricks, dan cyberstalking. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya cyberbullying dibagi menjadi beberapa faktor, akan tetapi faktor yang paling berpengaruh terhadap terjadinya Tindakan cyberbullying yaitu meliputi faktor keluarga dan lingkungan pergaulan. Akibat dari cyberbullying tersebut akan berdampak tidak hanya kepada korban saja, namun juga dapat berdampak kepada pelaku dan orang lain yang menyaksikannya, seperti muncul rasa tidak nyaman, emosi yang tidak stabil, bahkan sampai menutup diri dari lingkungannya dikarenakan tidak mau berkomunikasi dengan orang lain karena takut akan mengalami korban dari cyberbullying. Oleh karena itu, perlu adanya pengawasan dari orang tua dalam mengawasi pergaulan anak-anaknya, perlunya ketahanan diri agar tidak terjerumus dalam hal-hal yang negatif dalam bergaul, perlu adanya kompetisi secara sehat dan sporitf dalam menyalurkan bakat bermain game MLBB, dan perlu sanksi tegas terhadap pelaku-pelaku cyberbullying dalam game MLBB. Daftar Pustaka : 14 Referensi (2017-2022) Kata Kunci : Cyberbullying, Komunitas, Perilaku
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S1 Social Welfare Science / Ilmu Kesejahteraan Sosial |
Depositing User: | EVA AIHULIA |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 06:49 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 06:49 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/17220 |
Actions (login required)
View Item |