Pemberdayaan Remaja Putus Sekolah Melalui Pelatihan Keterampilan Dalam Meningkatkan Kemandirian (Studi Kasus Rumah Gemilang Indonesia Sawangan Depok)

ANNISAA AMALIA, ANNISAA (2023) Pemberdayaan Remaja Putus Sekolah Melalui Pelatihan Keterampilan Dalam Meningkatkan Kemandirian (Studi Kasus Rumah Gemilang Indonesia Sawangan Depok). Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (23kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (323kB)
[img] Text
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (177kB)
[img] Text
4. Lembar Persetujuan dan Lembar Pengesahan.pdf

Download (176kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (442kB)
[img] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (241kB)
[img] Text
7. Daftar Tabel.pdf

Download (219kB)
[img] Text
8. Daftar Gambar.pdf

Download (219kB)
[img] Text
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (222kB)
[img] Text
10. Bab 1.pdf

Download (480kB)
[img] Text
11. Bab 2.pdf

Download (714kB)
[img] Text
12. Bab 3.pdf

Download (471kB)
[img] Text
13. Bab 4.pdf

Download (725kB)
[img] Text
14. Bab 5.pdf

Download (261kB)
[img] Text
15. Bab 6.pdf

Download (223kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (451kB)

Abstract

ABSTRAK Memasuki zaman sekarang ini, anak remaja banyak dihadapkan dengan berbagai persoalan kehidupan, salah satunya persoalan putus sekolah. Dalam menghadapi persoalan remaja putus sekolah dibutuhkan keterampilan hidup untuk memenuhi kebutuhan yang nantinya diperlukan. Dalam mengatasi hal tersebut pendidikan non formal memiliki andil yang besar untuk mengatasi masalah tersebut. Pendidikan non formal membuat sebuah program pemberdayaan melalui pelatihan keterampilan untuk mengembangkan sumber daya manusia. Adapun tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program pemberdayaan remaja putus sekolah melalui pelatihan keterampilan dalam meningkatkan kemandirian di Rumah Gemilang Indonesia. Menurut Jim Ife, pemberdayaan memiliki makna dorongan atau motivasi, bimbingan atau pendampingan dalam meningkatkan kemampuan individu atau masyarakat untuk mampu mandiri. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data adalah penerima manfaat pelatihan keterampilan kelas tata busana di Rumah Gemilang Indonesia dan telah diambil sampel dengan teknik purposive sampling sebanyak 3 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif menurut Mile dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian dengan analisis data kualitatif, maka disimpulkan bahwa pemberdayaan melalui pelatihan keterampilan dari beberapa jurusan keterampilan yang ada di Rumah Gemilang Indonesia dapat menjadikan para santri berpengetahuan, berketerampilan atau memiliki skill dan berakhlakul karimah. Daftar Pustaka : 39 Referensi (1986 – 2023) Kata Kunci : Pemberdayaan, Remaja Putus Sekolah, Keterampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Social Welfare Science / Ilmu Kesejahteraan Sosial
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:49
Last Modified: 23 Nov 2023 06:49
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/17211

Actions (login required)

View Item View Item