Pemberdayaan Remaja Putus Sekolah Melalui Pelatihan Keterampilan Dalam Meningkatkan Kemandirian (Studi Kasus Rumah Gemilang Indonesia Sawangan Depok)
ANNISAA AMALIA, ANNISAA (2023) Pemberdayaan Remaja Putus Sekolah Melalui Pelatihan Keterampilan Dalam Meningkatkan Kemandirian (Studi Kasus Rumah Gemilang Indonesia Sawangan Depok). Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
1. Halaman Judul.pdf Download (23kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (323kB) |
|
Text
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (177kB) |
|
Text
4. Lembar Persetujuan dan Lembar Pengesahan.pdf Download (176kB) |
|
Text
5. Kata Pengantar.pdf Download (442kB) |
|
Text
6. Daftar Isi.pdf Download (241kB) |
|
Text
7. Daftar Tabel.pdf Download (219kB) |
|
Text
8. Daftar Gambar.pdf Download (219kB) |
|
Text
9. Daftar Lampiran.pdf Download (222kB) |
|
Text
10. Bab 1.pdf Download (480kB) |
|
Text
11. Bab 2.pdf Download (714kB) |
|
Text
12. Bab 3.pdf Download (471kB) |
|
Text
13. Bab 4.pdf Download (725kB) |
|
Text
14. Bab 5.pdf Download (261kB) |
|
Text
15. Bab 6.pdf Download (223kB) |
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (451kB) |
Abstract
ABSTRAK Memasuki zaman sekarang ini, anak remaja banyak dihadapkan dengan berbagai persoalan kehidupan, salah satunya persoalan putus sekolah. Dalam menghadapi persoalan remaja putus sekolah dibutuhkan keterampilan hidup untuk memenuhi kebutuhan yang nantinya diperlukan. Dalam mengatasi hal tersebut pendidikan non formal memiliki andil yang besar untuk mengatasi masalah tersebut. Pendidikan non formal membuat sebuah program pemberdayaan melalui pelatihan keterampilan untuk mengembangkan sumber daya manusia. Adapun tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program pemberdayaan remaja putus sekolah melalui pelatihan keterampilan dalam meningkatkan kemandirian di Rumah Gemilang Indonesia. Menurut Jim Ife, pemberdayaan memiliki makna dorongan atau motivasi, bimbingan atau pendampingan dalam meningkatkan kemampuan individu atau masyarakat untuk mampu mandiri. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data adalah penerima manfaat pelatihan keterampilan kelas tata busana di Rumah Gemilang Indonesia dan telah diambil sampel dengan teknik purposive sampling sebanyak 3 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif menurut Mile dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian dengan analisis data kualitatif, maka disimpulkan bahwa pemberdayaan melalui pelatihan keterampilan dari beberapa jurusan keterampilan yang ada di Rumah Gemilang Indonesia dapat menjadikan para santri berpengetahuan, berketerampilan atau memiliki skill dan berakhlakul karimah. Daftar Pustaka : 39 Referensi (1986 – 2023) Kata Kunci : Pemberdayaan, Remaja Putus Sekolah, Keterampilan.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S1 Social Welfare Science / Ilmu Kesejahteraan Sosial |
Depositing User: | EVA AIHULIA |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 06:49 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 06:49 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/17211 |
Actions (login required)
View Item |