PERANCANGAN ALAT BANTU KERJA PADA STASIUN PACKING DALAM MEMINIMALISIR KELUHAN MSDS DI PT. TESENA INOVINDO MENGGUNAKAN METODE QEC DAN EFD

Widiyanto, Nugroho Bagas (2023) PERANCANGAN ALAT BANTU KERJA PADA STASIUN PACKING DALAM MEMINIMALISIR KELUHAN MSDS DI PT. TESENA INOVINDO MENGGUNAKAN METODE QEC DAN EFD. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
FULL TA nugroho bagas wdiyanto-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Manusia merupakan salah satu yang memiliki faktor penting dalam sebuah industry yang melibatkan kinerja manusia secara langsung maupun tidak langsung dalam sebuah proses produksi. Kondisi dari stasiun kerja yang kurang baik akan mengurangi konndisi dari operator yang bekerja di dalamnya dan juga dapat menimbulkan resiko cedera kerja dalam jangka waktu yang panjang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quick Exposure Check (QEC) dan Ergonomic Function Deployment (EFD) pada para pekerja atau operator di PT Tesena Inovindo. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa usulan perbaikan yang diberikan yaitu berupa rancangan stasiun kerja yang baru untuk operator pada bagian packing yang dapat dilihat pada rancangan berupa meja. Dimana Dilihat dari segi ergonomis, meja packing ini dapat memperbaiki postur tubuh operator dan menghilangkan keluhan rasa sakit yang dirasakan operator sebelum menggunakan meja packing. Kata Kunci: Quick Exponsure Check (QEC), ergonomic, pengukuran beban postur tubuh, Ergonomic Function Deployment (EFD), perancangan alat.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Nugroho Bagas Widiyanto
Date Deposited: 31 Aug 2023 08:21
Last Modified: 31 Aug 2023 08:21
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/16582

Actions (login required)

View Item View Item