Perancangan sistem informasi terintegrasi untuk meningkatkan efektivitas fungsi bisnis dalam pekerjaan part and service pada industri alat berat menggunakan metode waterfall dan piecies

Yodi Desyandi, Ahmad (2023) Perancangan sistem informasi terintegrasi untuk meningkatkan efektivitas fungsi bisnis dalam pekerjaan part and service pada industri alat berat menggunakan metode waterfall dan piecies. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
Skripsi Ahmad Yodi Desyandi fixx.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas masalah yang dihadapi PT. XYZ, produsen alat berat untuk sektor pertambangan. PT. XYZ berfokus pada peningkatan kepuasan pelanggan terhadap produk dan layanan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan terhadap brand PT. XYZ. Dalam 5 tahun terakhir, permintaan jasa perbaikan dan suku cadang terus meningkat, namun terdapat kesenjangan antara permintaan pelanggan yang melebihi kapasitas produksi. Survei kepuasan pelanggan menunjukkan bahwa faktor utama yang mempengaruhi keputusan pelanggan untuk tidak memilih PT. XYZ sebagai penyedia layanan perbaikan adalah kurangnya akurasi perencanaan, menyebabkan 40% pelanggan beralih ke alternatif lain. Selain itu, proses bisnis yang terlalu panjang juga mempengaruhi keputusan 34% pelanggan untuk tidak menggunakan layanan PT. XYZ.Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengembangkan sistem informasi terintegrasi yang dapat diakses oleh seluruh departemen terkait part and service. Sistem ini mampu mengintegrasikan data dan memberikan output berupa informasi yang sesuai dengan kebutuhan setiap pengguna. sistem informasi ini yang mampu menjadi media control pada bisnis proses untuk pekerjaan part and service sebelum manginput ke dalam sistem yang ada di perusahaan.. Pengembangan menggunakan metode Waterfall dan metode PIECES. Tahapan pengembangan sistem meliputi analisis kebutuhan, desain, implementasi, dan pengujian. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian UAT, bisnis proses bagian Part and Service dijelaskan dengan baik melalui flow proses bisnis Purchase Order yang melibatkan beberapa departemen seperti Tim Marketing, Tim Engineering, dan Tim PPC. Pengujian UAT menunjukkan bahwa sistem informasi pekerjaan part and service ini telah diterima dengan baik oleh pengguna dan mencapai tingkat efektivitas tinggi, yaitu dengan total persentase sebesar 86%.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering / Fakultas Teknik > S1 Industrial Engineering / Teknik Industri
Depositing User: Ahmad Yodi Desyandi
Date Deposited: 29 Aug 2023 05:14
Last Modified: 29 Aug 2023 05:14
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/15992

Actions (login required)

View Item View Item