PERANCANGAN MEJA ASSEMBLY DENGAN METODE ERGONOMIC FUNCTION DEPLOYMENT (EFD) GUNA MEMPERBAIKI POSTUR KERJA OPERATOR PADA PROSES ASSEMBLY

Asadul Haq, Mu'adz (2023) PERANCANGAN MEJA ASSEMBLY DENGAN METODE ERGONOMIC FUNCTION DEPLOYMENT (EFD) GUNA MEMPERBAIKI POSTUR KERJA OPERATOR PADA PROSES ASSEMBLY. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
Laporan Tugas Akhir_Mu'adz Asadul Haq_2019450075.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada bulan Maret 2023 dengan menyebar kuesioner Nordic Body Map (NBM) kepada 12 operator PT Fuji Seat Indonesia maka diperoleh 1 operator yang menyatakan sangat sakit pada bagian leher bawah, punggung, pinggang, dan pergelangan kaki kanan yaitu terdapat pada proses assembly pos 1, dikarenakan operator tersebut melakukan proses diatas conveyor dengan posisi berdiri dan berputar 180o, sehingga memiliki tingkat kesulitan dan beban kerja yang terlalu berat. Dampak dari hal tersebut operator sulit mengejar proses selanjutnya karena terlalu banyak gerakan dalam bekerja, sehingga target melebihi waktu standar dan menjadi over time maka perusahaan harus mengeluarkan biaya sebesar 0,55%/jam/operator untuk upah lembur.Metode ergonomic yang digunakan yaitu metode Ergonomic Function Deployment (EFD) merupakan metode dimana dalam perancangan produk selain memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen, diperhatikan pula aspek ergonomi produk saat digunakan. Metode EFD ini digunakan untuk merancang produk yang menghubungkan antara keinginan konsumen terhadap produk yang ergonomis. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini berupa rancangan meja assembly dengan karakteristik teknis yaitu mempermudah proses produksi, dapat menyimpan part kecil, dimensi sesuai postur normal operator, aman digunakan, tidak mencederai operator, bahan terbuat dari besi, dan mudah dibersihkan. Meja assembly tersebut juga dapat menghemat waktu kerja dengan efisiensi waktu sebesar 18,18% sehingga tidak memerlukan waktu lembur. Kata Kunci : Nordic Body Map (NBM), Assembly, Ergonomic Function Deployment (EFD)

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Faculty of Engineering / Fakultas Teknik > S1 Industrial Engineering / Teknik Industri
Depositing User: Mu'adz Asadul Haq
Date Deposited: 28 Aug 2023 00:55
Last Modified: 28 Aug 2023 00:55
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/15540

Actions (login required)

View Item View Item