EKSPEKTASI PASIEN, KELUARGA, KADER DAN PERAWAT KESEHATAN MASYARAKAT TERLATIH KESEHATAN JIWA TERHADAP APPLIKASI TELENURSING ME-CO CARE BERBASIS MOBILE DALAM PELAYANAN KEPERAWATAN JIWA KOMUNITAS

Slametiningsih, Slametiningsih (2015) EKSPEKTASI PASIEN, KELUARGA, KADER DAN PERAWAT KESEHATAN MASYARAKAT TERLATIH KESEHATAN JIWA TERHADAP APPLIKASI TELENURSING ME-CO CARE BERBASIS MOBILE DALAM PELAYANAN KEPERAWATAN JIWA KOMUNITAS. Proseiding Nasional Keperawatan Kesehatan Jiwa, 3 (3). pp. 285-294. ISSN 1907-9680

[img] Text
2018_Prosiding KONAS_EKSPEKTASI PASIEN, KELUARGA, KADER DAN PERAWAT.pdf

Download (2MB)

Abstract

BSTRAK Penanganan masalah kesehatan jiwa masih menjadi tantangan tersendiri bagi Indonesia. Meningkatnya angka kejadian dan kekambuhan gangguan jiwa menunjukkan perawatan berkelanjutan menjadi solusi bagi permasalah yang saat ini dihadapi dalam berbagai masalah kesehatan. Telehealth merupakan program berbasis teknologi komunikasi telah banyak digunakan di berbagai negara maju dan berkembang yang bertujuan memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Penerapan Telehealth atau Telenursing dirasakan belum optimal dalam pelayanan kesehatan terutama pada kesehatan jiwa. Dalam rangka pengembangan aplikasi program berbasis mobile dalam pelayanan kesehatan jiwa di masyarakat, perlu adanya penelitian pendahuluan terkait ekspektasi atau harapan masyarakat terhadap konten yang sebaiknya terdapat pada aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aspirasi dan harapan pasien, keluarga, kader dan juga perawat terhadap konten yang sebaiknya terdapat pada aplikasi tersebut. Penelitian dilakukan pada 80 pasien, 74 keluarga, 17 kader, dan 16 perawat kesehatan masyarakat terlatih program kesehatan jiwa (perkesmas) di wilayah DKI Jakarta menggunakan kuesioner dan seluruh data yang masuk dianalisa berdasarkan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien membutuhkan informasi terkait penyakit yang dialami, terapi obat-obatan, jadwal kontrol dan konsultasi dengan petugas kesehatan. Selain itu, pasien juga ingin mendapatkan informasi terkait info lowongan pekerjaan dan program rehabilitasi yang dilaksanakan oleh pelayanan kesehatan setempat. Sehingga dapat disimpulkan perlu adanya pengembangan aplikasi berbasis mobile sebagai bentuk kesinambungan pelayanan keperawatan jiwa di masyarakat. Kata kunci : ekspektasi atau harapan, pasien, keluarga, kader, perawat, dan pelayana

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Nursing > S1 Nursing / Keperawatan
Depositing User: Ns Slametiningsih.M.Kep, Sp.Kep. J Slametiningsih
Date Deposited: 23 Aug 2023 00:40
Last Modified: 23 Aug 2023 00:40
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/15120

Actions (login required)

View Item View Item