KEBIJAKAN PENYELESAIAN PERKARA PIDANA DI LUAR PENGADILAN DENGAN MODEL PEMAAFAN KORBAN (VICTIM PARDON MODEL) DALAM PEMBARUAN HUKUM PIDANA NASIONAL(PERSPEKTIF HUKUM PIDANA DAN HUKUM ISLAM)

Aby, Aby Maulana (2023) KEBIJAKAN PENYELESAIAN PERKARA PIDANA DI LUAR PENGADILAN DENGAN MODEL PEMAAFAN KORBAN (VICTIM PARDON MODEL) DALAM PEMBARUAN HUKUM PIDANA NASIONAL(PERSPEKTIF HUKUM PIDANA DAN HUKUM ISLAM). Al-Qisth, 7 (1). pp. 132-166. ISSN 2979-3691

[img] Text
16489-48207-1-PB.pdf

Download (371kB)
Official URL: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/al-qisth/articl...

Abstract

Penyelesaian perkara pidana dengan Model Pemaafan Korban (Victim Pardon Model) merupakan model yang dapat ditawarkan dalam pembaruan Sistem Hukum Pidana Nasional, khususnya dalam pembaruan sistem peradilan pidana. Model Pemaafan Korban pada prinsipnya dapat memberikan keuntungan untuk menghindari penumpukan perkara di pengadilan, mendistribusikan keadilan yang seimbang untuk pelaku kejahatan ataupun korbannya, menghilangkan stigma pemidanaan yang meninggalkan nestapa, menghindari penjara yang penuh akibat banyaknya terpidana, dan sejalan dengan konsepsi “cepat, sederhana dan biaya ringan” dalam peradilan pidana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian normatif analitis, untuk mendapatkan formulasi kebijakan hukum pidana dalam penyelesaian perkara pidana yang bertujuan terciptanya peradilan yang efisien dan berkeadilan bagi korban dan pelaku tindak pidana, serta diperolehnya hasil telaah terhadap konsepsi “pemaafan (afwan)” dari perspektif Hukum Islam yang kemudian menjadi model yang dapat diadopsi dalam sistem hukum pidana Indonesia dan diatur dalam Rancangan KUHAP.

Item Type: Article
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > S1 Law / Ilmu Hukum
Depositing User: Aby Maulana Aby Maulana
Date Deposited: 21 Aug 2023 10:12
Last Modified: 21 Aug 2023 10:12
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/14978

Actions (login required)

View Item View Item