PUBLIC RELATIONS & MESSAGING DEVELOPMENT: PENGEMBANGAN PESAN PARIWISATA HALAL DI INDONESIA MELALUI PERSPEKTIF PUBLIC RELATIONS
Patrianti, Tria and Binol, rizanto PUBLIC RELATIONS & MESSAGING DEVELOPMENT: PENGEMBANGAN PESAN PARIWISATA HALAL DI INDONESIA MELALUI PERSPEKTIF PUBLIC RELATIONS. Jurnal Perspektif Komunikasi, 3 (1). ISSN 2615-7179
Text
jurnal perspektif.pdf - Published Version Download (235kB) |
|
Text
4714-11226-1-SM.pdf Download (235kB) |
Abstract
Awal tahun 2019, Indonesia menorehkan prestasi menjadi negara di peringkat pertama destinasi wisata halal dunia, versi Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019. Prestasi ini tidak terlepas dari upaya Tim Percepatan Pariwisata Halal Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar) yang telah mendisain dan membuat strategi pengembangan pariwisata halal untuk menambah perolehan devisa negara. Lima destinasi utama wisata halal di Indonesia yaitu Lombok, Aceh, Sumatera Barat, Jawa Barat dan DKI Jakarta, juga telah berkontribusi pada prestasi Indonesia di kancah internasional dengan upaya komunikasi mereka dengan stakeholder strategis pariwisata halal di masing-masing daerah. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis komunikasi pemerintah dan menganalisis key messages yang dibuat public relations pemerintah tentang pariwisata halal. Pendekatan penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara bersama pembina tim pengembangan wisata halal Kemenpar, humas Pemprov DKI Jakarta, pelaku industri pariwisata halal, dan praktisi public relations yang berada di tim pengembangan pariwisata halal di Indonesia. Menggunakan konsep public relations dan messaging development, tulisan ini diharapkan berkontribusi pada perkembangan industri pariwisata di Indonesia melalui perspektif public relations dan pengembangan pesan pariwisata halal. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa sebagai regulator untuk pariwisata halal, Kemenpar belum melakukan aktivitas komunikasi dengan pendekatan public relations yang optimal melalui penyampaian pesan pariwisata halal kepada masyarakat Indonesia sendiri. Exposure tentang pariwisata halal di Indonesia belum sepenuhnya dipahami oleh masyarakat dan awareness tentang industri pariwisata halal sebagai bagian dari gaya hidup muslim di Indonesia, belum sampai pada tahap yang menggembirakan dibandingkan dengan negara tetangga Malaysia. Kata Kunci: Messaging Development, Muslim Friendly, Pariwisata Halal, Public Relations
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | Mrs Tria Patrianti |
Date Deposited: | 28 Aug 2020 02:03 |
Last Modified: | 28 Aug 2020 02:03 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/1353 |
Actions (login required)
View Item |