Penanganan pembiayaan Murabahah (Studi kasus pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Cinere 1)
Tata Dika, Rahardiyanto (2022) Penanganan pembiayaan Murabahah (Studi kasus pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Cinere 1). Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
SKRIPSI TATA DIKA RAHARDIYANTO.PDF - Published Version Download (2MB) |
Abstract
penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan upaya Bank Syariah Indonesia kantor Cabang pembantu Cinere 1 dalam menangani pembiayaan murabahah bermasalah, untuk menjelaskan Langkah-langkah Bank Syariah Indonesia dalam menyelesaikan pembiayaan bermasalah dan menjelaskan faktor penyebab pembiayaan murabahah bermasalah. Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriftif guna melengkapi data, pengumpulan data penelitian ini yang dilakukan dengan studi wawancara, Dokumentasi dan Studi Pustaka Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang pembantu Cinere 1 melakukan upaya penanganan pembiayaan murabahah bermasalah melalui langkah preventif dan kuratif yaitu dengan cara menghubungi pihak nasabah melalui telfon, dan langkah kedua yaitu dengan cara visit. Langkah selanjutnya yaitu dengan cara restukturisasi pembayaran. Faktor yang mempengaruhi pembiayaan murabahah bermasalah di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang pembantu Cinere 1 disebabkan oleh faktor Internal dan External, faktor Internal yaitu kurangnya verifikasi mendalam dan faktor external yaitu terjadinya pemutusan hubungan kerja atau kurang adanya itikad baik nasabah
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Sharia Banking Management / Manajemen Perbankan Syariah |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 04 May 2023 01:48 |
Last Modified: | 04 May 2023 01:48 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13316 |
Actions (login required)
View Item |