PENGARUH INFLASI DAN PRODUK DOMESTIK BRUTO (PDB) TERHADAP RETURN ON ASSETS (ROA) PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2017-2020.

Wina Putri, Syabrina (2022) PENGARUH INFLASI DAN PRODUK DOMESTIK BRUTO (PDB) TERHADAP RETURN ON ASSETS (ROA) PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2017-2020. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
Skripsi WINA PUTRI SYABRINA.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel Inflasi dan PDB (Produk Domestik Bruto) terhadap Return On Asset (ROA) pada Bank Umum Syariah tahun 2017-2020. Data yang diperoleh merupakan data sekunder berdasarkan laporan keuangan dalam kurun waktu 4 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan laporan keuangan yang dipublikasikan dari tahun 2017-2020. Metode pengolahan data menggunakan regresi linear berganda (multiple linier regression) dengan menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan variabel independen (Inflasi dan PDB) memiliki pengaruh signifikan terhadap ROA Bank Umum Syariah. Secara parsial, variabel inflasi memiliki pengaruh signifikan terhadap ROA, sedangkan variabel PDB memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap ROA. Hasil dari adjusted R square ditemukan bahwa pengaruh Inflasi dan PDB (Produk Domestik Bruto) terhadap ROA dapat dijelaskan sebesar 27,9% sedangkan sisanya 72,1% (100% - 27,9%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disertakan salam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Sharia Banking Management / Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 04 May 2023 01:48
Last Modified: 04 May 2023 01:48
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13314

Actions (login required)

View Item View Item